Promosikan Batik Kutai di Event Jogja Fashion Week 2023

img

POSKOTAKALTIMNEWS.COM, KUKAR : Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kukar mengikuti Jogja Fashion Week 2023 yang berlangsung di Jogja Expo Center, belum lama ini.

 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar melalui Pejabat Pelaksanaan Teknis Kegiatan (PPTK) Bidang Perindustrian, Adhi Fadellah mengatakan, Jogja Fashion Week tersebut dilaksanakan oleh Disperindag Yogyakarta, namun Disperindag Kukar mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan tersebut.

 

"Kita dapat undangan dari Disperindag Jogja, untuk mengikuti kegiatan tersebut. Sehingga kami melibatkan pelaku IKM yang tergabung ke dalam Dekranasda," kata Adhi Fadella kepada Poskotakaltimnews, Selasa (14/11/2023).

 

Ia menyebutkan, pelaku IKM batik khas Kutai dari Kukar salah satunya yakni Imam Mardioto, yang mengikuti kegiatan tersebut. Batik khas Kutai yang dibawa tersebut tak kalah menarik dari peserta lainnya.

 

"Tak hanya Kukar saja yang mengikuti kegiatan itu, dari berbagai daerah juga mengikuti. Namun kualitas batik Kutai juga dapat mengimbangi peserta lainnya," sebutnya.

 

Menurutnya, kegiatan tersebut juga bagian dari promosi dalam mengenalkan batik Kutai lebih luas lagi. Hal ini merupakan kesempatan bagi pelaku IKM Kukar untuk meningkatkan pendapatan mereka.

 

Dirinya berharap, melalui kegiatan tersebut khususnya pelaku IKM Kukar kebanjiran pesanan. Apabila jumlah pesanan terus meningkat, pastinya terjadi juga peningkatan perekonomian mereka.

"Saya optimis, kualitas batik Kutai sangat luar biasa. Sehingga tak menutup kemungkinan setelah mengikuti kegiatan tersebut, mereka sering mendapat orderan dari luar daerah," tutupnya. (adv/riz)