Anggota DPRD Kaltim Lakukan Kundapil ke Kukar Bahas Bankeu 2023

img

POSKOTAKALTIMNEWS.COM, KUKAR : Sejumlah anggota DPRD Kaltim melakukan kunjungan daerah pemilihan (Kundapil) ke Kukar, terkait dengan pembahasan bantuan keuangan (Bankeu) Tahun Anggaran (TA) 2023.

 

Kunjungan tersebut dipimpin Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji, didampingi anggota DPRD Kaltim Baharuddin Demmu, Ali Hamdi. Kedatangan anggota Dewan tersebut disambut langsung oleh Plt Asisten II Setkab Kukar Wiyono, di ruang Eksekutif Kantor Bupati Kukar, Rabu (6/12/2023).

 

Seno Aji menyebutkan, Bankeu untuk Kukar pada 2023 ini sangat minim, dari pada Kabupaten/Kota di Kaltim. Kukar hanya menerima Bankeu Kaltim sekitar Rp 38 milliar.

 

"Hal ini sangat prihatin, karena dari 11 anggota DPRD dapil Kukar seharusnya bisa 100 milliar melalui pokok pokok pikirannya. Tapi ternyata hanya 38 milliar," ungkap Seno Aji pada awak media.

 

Dalam hal ini, Seno Aji meminta kepada pemerintah daerah untuk lebih intens komunikasinya, denga para anggota DPRD Kaltim.

 

"Sehingga bisa lebih banyak pokok pikiran (pokir), yang digelontorkan ke Kabupaten sesuai dengan aspirasi masyarakat dari hasil reses," ujarnya.

 

Adapun Bankeu yang melalui pokir tersebut menyasar pada bidang pendidikan, infrastruktur, kesehatan. Terlebih infrastruktur untuk pertanian, karena Kaltim ingin swasembada pangan.

 

Untuk itu, sektor pertanian harus diperhatikan baik jalan usaha tani, irigasi, hingga sarana produksi (saprodi) pertanian.

 

"Kedepan hubungan antara DPRD Kaltim dan pemerintah terjalin lebih intens. Untuk 2024 Kukar mendapatkan Bankeu Kaltim sekitar 56 milliar," ungkapnya.

 

Sementara itu Plt Asisten II Wiyono mengatakan, Bankeu Kaltim untuk Kukar memang relatif lebih rendah dari Kabupaten/Kota di Kaltim dengan nilai Rp38 milliar.

 

"Harapan DPRD Kaltim, pemerintah daerah agar menyiapkan menunya. Sehingga nanti di kolaborasikan ke DPRD Kaltim supaya lebih banyak dukungan melalui pokirnya masuk ke Kukar," kata Wiyono.

Ia menyebutkan, kedepan koordinasinya akan diperkuat. Sehingga Bankeu untuk Kukar maksimal. Di DPRD Kaltim ada 11 anggota DPRD Kaltim dapil Kukar, hal ini sangat membantu untuk daerah. (riz)