Bappeda Kukar Terima Masukan Rancangan Awal RKPD 2025

img

POSKOTAKALTIMNEWS, KUKAR : Dalam rangka penyusunan rancangan awal Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) 2025, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) dengan mengusung tema 'Pemantapan pemberdayaan masyarakat untuk akselerasi dan transformasi pembangunan'.

 

Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di aula Bappeda Kukar, belum lama ini.

 

Plt Kepala Bappeda Sy. Vanesa Vilna mengatakan, tujuan dari penyusunan rancangan awal RKPD 2025 ialah untuk memberikan ruang kepada seluruh pelaku pembangunan, untuk menyampaikan pandangan dan memastikan bahwa prioritas pembangunan telah sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

 

"Dengan maksud meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan daerah yang akuntable, fokus dan tepat sasaran," kata Vanesa Vilna pada Poskotakaltimnews, Sabtu (9/3/2024).

 

Dalam penyusunan rancangan awal RKPD dibahas bersama dengan Kepala perangkat daerah dan pemangku kepentingan, untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan.

 

Ia menyebutkan, prioritas, fokus, sasaran dan target pembangunan pada 2025 yakni penataan dan pengembangan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik. Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

 

Kemudian, percepatan pembangunan desa dan kawasan perdesaan. Peningkatan kapasitas dan kompetensi angkatan kerja, penguatan daya saing ekonomi daerah yang unggul bernilai tambah dan berkelanjutan.

 

"Adapun proyek strategisnya adalah pembangunan kawasan pusat pertanian terintegrasi dan pembangunan jembatan sebulu," sebutnya.

Harapannya, dalam penyusunan rancangan awal RKPD 2025 dapat berjalan dengan baik melalui tahapan tahapan yang sesuai. (adv/riz)