SDN 018 Tenggarong Adakan Jalan Sehat Peduli Lingkungan

img

TENGGARONG, Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2017,SDN 018 Tenggarong, Sabtu (25/2) pagi lalu mengadakan jalan sehat peduli lingkungan. Kegiatan itu diikuti seluruh peserta didik disekolah tersebut.

“Kita ingin tanamkan dalam diri peserta didik akan kecintaan terhadap lingkuan ramah, bersih, Indah, rapi, dan bebas dari sampah, otomatis akan membentuk karakter peserta didik akan kepedulian, disiplin, tanggung jawab dan lain sebagainya,”kata saida Hafina, S.Pd Kelapa SDN 018 Tenggarong.

Para peserta didik dalam jalan santai tersebut membawa kantong kresek masing masing, yang dibawanya dari rumah, disepanjang jalan jika menemuka adanya sampah langsung dimasukan kedalam kresek.

“Sebelumnya kami sudah mengadakan kegitan bersih-bersih ini, pada hari selasa (21/02/2017) pas bertepatan denga peringatan HPSN, hanya saja yang terlibat dalam bersih-bersih itu hanya peserta didik kelas VI dan itu dilakukan di likungan sekolah saja” tambah Saida.

Adupun rute pejalannan yang di lewati masing-masing kelas dimulai dari kelas I : dari sekolah nenuju parkiran Stadion Rondong Demang kembali kesekolah, kelas II : dari sekolah menuju parkiran Stadion Rondong Demang sekitar gedung Bulu Tangkis kembali kesekolah, Kelas III : dari sekolah Gg. 4 lurus ke Jalan Teratai masuk Jalan Panjaitan Gg. 4 kembali kesekolah, sementara Kelas IV : dari sekolah stadion depan SD ke Jalan Selendreng masuk Panjaitan, Gg. 4 kembali kesekolah, Kelas V : dari sekolah kejalan Stadion Timur, jalan Ki Hajar Dewantara, Jalan Teratai kembali kesekolah, Kelas VI : dari sekolah ke Jalan Teratai, jalan Kihajar Dewantara, depan Masjid Agung, jalan Panjaitan, Gg. 4 kembali kesekolah.

Sementara itu Irwansyah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan menegaskan kegiatan ini dilakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahayanya sampah jika tidak di tangulangi secepat mungkin.

“Sudah banyak contoh di kota-kota lainya yang merasakan dampak buruk dari tumpukan sampah yang mana kepeludian masyarakatnya kurang terhadap lingkungan, jangan sampai hal itu terjadi di kota yang selalu kita cintai ini” tegasnya.

Oleh karena itu dimohonkan kepada seluruh lapisan masyarakat lanjut Irwan, khususnya untuk kawan-kawan yang memiliki usaha Angkringan, biasa buka pada malam di kawasan Parkiran Stadion Rondong Demang ini agar lebih memperhatikan sampah sisa kemasan pelatik yang mereka gunakan saat berjualan.

Begitu pula bagi saudara-saudara yang berjualan petol, sosis dalan lain sebagainya untuk tetap memperhatikan sampahnya apalagi sampah cucuk bekas pentol itu sangan berbahaya jika terkena bisa mengakibatkan luka Infeksi bahkan bisa tetanus budayakanlah membuang smpah pada tempanya.

“Kami SDN 018 Tenggarong mewakili masyarakat Kukar siap membantu Pemerintah Daerah Khususnya Program Gerbang Raja Jilid II, Stadion Rondong Demang ini bukan milik pemerintah saja, ini adalah milik seluruh masyarakat kukar, marilah kita jaga bersama kebersihanya supaya indah di pandang” lanjutnya.

Kepada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Irwan berharap yang lebih tegas lagi kepada seluruh masyarakat yang melakukan aktiftasnya “baik itu pada malam atau pagi, yang berjuan maupun yang berolahraga agar lebih memperhatikan sampahya serta memperbanyak tong atau bak sampah yang berada si kawasan Olahraga ini” harapnya.(aji-poskotakaltimnews.com)