Bandara APT Pranoto Sudah Dipasangi Lampu PAPI

img

SAMARINDA- Dalam upaya menunjang keselamatan penerbangan di bandar udara (Bandara), perlu dibantu  adanya alat bantu pendaratan  atau lampu  PAPI (Precission Approach path indicator) untul meningkatkan pelayanan keselamatan penerbangan pada siang hari, baik dalam keadaan cuaca baik maupn cuaca buruk (kabut, awan dan asap).

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim H Salman Lumoindong mengatakan untuk Bandara Aji Pengeran Temenggung (APT) Pranoto Samarinda sudah dipasangi satu set  lampu atau alat PAPI, namun belum bisa difungsikan karena harus dikalibrasi terlebih dahulu oleh tim teknisnya.

" Ya paling lama satu bulanlah dikalibrasi, setelah itu sudah bisa difungsikan, dimana jumlah lampu PAPI tersebut sebanyak satu set yang dipasang di sisi kanan dan kiri landasan Bandara APT Pranoto,"kata Salman Lumoindong, Selasa (11/6/2019).   

Salman menambahkan, lampu PAPI adalah alat bantu pendaratan visual yang membantu penerbang melakukan pendekatan dengan mengikuti sudut pendekatan yang benar menuju titik pendaratan. Dan lampu PAPI dirancang memberikan petunjuk secara nyata dari sudut pendaratan yang diinginkan (tepat pada titik sentuh pendaratan/ touch down point).

" Kita diharapkan pemasangan lampu PAPI akan memberikan jaminan seminim mungkin sentuhan mulus roda terhadap ambang landasan, kemudian  memberikan batas jelas dari semua rintangan ketika sampai pada pendaratan terakhir, serta  mmeberikan jalur kecil (Approach path) pendaratan, membimbing pesawat pada titik touch down secara tepat tanpa melihat   keadaan atau karakteristik landasan," papar Salman.

Sementara untuk lampu runway APT Pranoto, lanjut Salman akan dilakukan  pemasangan  pada bulan Nopember 2019, paling lambat akhir tahun sudah bisa berfungsi sehingga APT Pranoto bisa melayani penerbangan siang dan malam.

" Kita harapakan pemasangan lampu Bandara  APT  Pranoto  bisa dipercepat, paling lambat bulan Nopember sudah mulai pasang, sehingga nantinya bisa melayani penerbangan bukan siang saja seperti sebelumnya, tetapi juga bisa melayani penerbangan pada malam hari,"kata Salman Lumoindong.(mar/poskotakaltimnews.com)