Peserta BPJS Kesehatan Tanggungan APBD Alami Penurunan

Admin 09 Okt 2019
img

Kepala Kantor BPJS Kesehatan Tenggarong, Susan Triyana, saat mensosialisasikan BPJS kesehatan di kecamatan Kembang Janggut

TENGGARONG- Masyarakat Kukar pra sejahtera yang terdaftar sebagai peserta BPJS kesehatan yang dibiayai oleh APBD kukar melalui program JKN KIS alami penurunan jumlah peserta. 

"Per Juni 2019 jumlah peserta mencapai 97.230  jiwa, sedangkan per September 2019 jumlah peserta mencapai 93.000 jiwa," jelas Kepala Kantor BPJS Kesehatan Tenggarong, Susan Triyana, Rabu(09/10) sore diruang kerjanya.

Susan menambahkan, penyebab berkurangnya jumlah peserta BPJS kesehatan tanggungan APBD, karena sudah ada yang diambil alih oleh pusat, dan berubah status menjadi peserta BPJS kesehatan tanggungan APBN.

"Penyebab lainnya, sudah dilakukan pembenahan data peserta yang ganda,"ujarnya.

Susan mengapresiasi pemkab kukar, yang konsen terhadap jaminan kesehatan bagi masyarakatnya, dan ini terbilang tinggi untuk kaltim.

"Pemkab telah mengalokasikan APBD 2019 sebesar Rp29 M, untuk membiayai peserta BPJS kesehatan yang ditanggungnya. Sedangkan untuk peserta JKN KIS Mandiri di kukar mencapai 54 persen," pungkasnya.(and/poskotakaltimnews.com)

Admin
RELATED POST