Panwascam di Kukar Didominasi Wajah Baru

img

TENGGARONG- Panitia Pengawas Pemilu di 18 Kecamatan se-Kukar sudah dilantik belum lama ini di Tenggarong oleh Bawaslu Kabupaten Kukar. Pengurus Panwascam banyak didominasi wajah baru, yang mempunyai untuk mengawasi tahapan dan pelaksanaan Pilkada Kukar 2020.

"Pengurus Panwascam ada tiga orang per kecamatan, yang nantinya akan dibantu oleh Kepala Sekretariat dan beberapa staf," kata Ketua Bawaslu Kukar Muhammad Rahman, belum lama ini.

Rahman mengatakan, pengurus Panwascam saat ini banyak didominasi wajah baru, beberapa calon petahana banyak yang gugur saat seleksi, namun ada juga yang tidak mau lagi jadi pengurus panwascam, dengan alasan mencari profesi selain pengawas pemilu.

"Panwascam yang diisi orang lama, hanya kecamatan Muara Wis aja, karena peminatnya sangat sedikit, sedangkan kecamatan lainnya, ada satu atau dua orang orang baru," ujarnya.

Meski diisi oleh orang baru, Rahman tidak khawatir akan kinerja para panwascam, karena para pengurus panwascam tersebut berpengalaman dalam hal kepemiluan.

"Rata-rata pengurus Panwascam pernah menjadi pengawas pemilu tingkat desa dan per TPS, jadi punya pengalaman," jelasnya.

Rahman menjelaskan, tugas panwascam saat ini lebih ringan, jika dibandingkan dengan panwascam pemilu April 2019, karena harus mengawasi banyak Caleg dari berbagai parpol, yang mengikuti pemilihan caleg Kabupaten, Provinsi dan Pusat. Sedangkan untuk Pilkada Kukar 2020 hanya untuk pengawasan calon Bupati Kukar yang akan bersaing di Pilkada.

"Yang paling berat nantinya, mengawasi saat Kampanye Cabup, yang dikhawatirkan menggerakan dan keterlibatan ASN dalam kampanye. Tugas berat lainnya mengawasi proses seleksi calon Panitia Pemilihan Kecamatan(PPK) yang akan digelar oleh KPU Kukar nanti," pungkasnya/and/poskotakaltimnews.com