Pendapatan Kukar Akan Meningkat

img

TENGGARONG- Diprediksi potensi pendapatan Kukar akan semakin besar, seiring telah dilakukan kerjasama jasa kepelabuhan, antara pemkab Kukar melalui Perusda Tunggang Parangan denga PT Pelabuhan Tiga Bersaudara(PTB) di perairan wilayah Kukar, khususnya Muara Jawa dan Muara Berau. Penandatangan MOU berlangsung di ruang Eksekutif kantor Bupati Kukar, Senin(06/01/2020) pagi.

" Dari MOU ini, diharapkan Pendapatan Asli Daerah(PAD) Kukar semakin besar, karena mampu mendorong pertumbuhan ekonomi secara luas," ujar Bupati Edi Damansyah.

Edi menambahkan, jika MOU dengan PT PTB berjalan dengan normal, maka bakal banyak usaha masyarakat yang hidup, dan sektor Pariwisata pulau Pangempang Muara Badak, yang kebetulan dekat dengan STS Muara Berau, akan semakin bergeliat, yang diharapkan Edi akan ada pengelolaan pariwisata secara integrasi yang melibatkan masyarakat.

"Pemkab Kukar menjamin, investasi bisa berjalan dengan baik di Kukar, pembukaan lapangan kerja bagi masyarakat terus terserap," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Operasional PT PTB Aryo Bandoro Saputro mengatakan, MOU antara Perusda Tunggang Parangan dengan perusahaan kami, demi memajukan daerah Kukar dimana kami bekerja, ini bagian dari sinergi antara perusahaan dengan Pemkab Kukar, yang akan dikelola secara profesional, yang tujuannya demi peningkatan PAD.

"Hampir 99 persen aktifitas pelabuhan Muara Jawa dan Muara Berau dikuasai asing, namun apa yang bisa dirasakan daerah, ini menjadi perhatian kami di PT PTB," ucapnya.

Aspek bisnis yang dikerjasamakan tersebut, pada sisi pengembangan  wilayah darat, secara detail alur bisnis akan ada pembicaraan lanjutan yang serius dengan Pemkab Kukar.

"Termasuk keuntungan yang didapat nantinya, berapa persen pembagiannya, serta keuntungan apakah masuk ke kas daerah secara langsung atau masuk ke rekening Perusda Tunggang Parangan dulu, ini akan ditindak lanjuti antara kedua belah pihak," Papar Aryo.(and/poskotakaltimnews.com)