Polres Kukar Bersama Lintas Lembaga Tanam 1000 Pohon

Admin 10 Jan 2020
img

Aksi tanam pohon, yang dilakukan Polres Kukar bersama lintas OPD, Jumat(10/01/2020) pagi, di KM 02 Desa Loa Lepu kecamatan Tenggarong Seberang.

TENGGARONG- Berlokasi dilahan Milik Koperasi Polri Desa Loa Lepu Kecamatan Tenggarong Seberang, Jumat(10/01/2020) pagi, jajaran Polres Kukar bersama lintas lembaga, menggelar aksi tanam 1000 pohon, bagian dari program Nasional Polri Peduli Penghijauan.

"Aksi tanam pohon ini serempak dilakukan se-Indonesia oleh jajaran Polri, yang secara teknis dilakukan oleh Polres dan polsek," jelas Kapolres Kukar AKBP Andrias Susanto Nugroho.

Mantan Kapolres Bulungan ini menambahkan, lembaga yang dilibatkan untuk aksi tanam pohon adalah, jajaran Kodim 0906 Tenggarong, Pol PP, Dinas Perkebunan, Dinas Pertanian dan Peternakan, BLHD, Kecamatan dan Desa serta Mahasiswa.

"Kita harus peduli terhadap lingkungan kita, di Jawa sudah banjir imbas penebangan pohon secara masif dan liar, makanya Polri optimis dengan aksi tanam sejuta pohon se-Indonesia," jabarnya.

Jenis pohon yang ditanam, jenis buah-buahan lokal seperti, Durian, Lai, Rambutan dan Mangga. Tujuan besar dari aksi kali ini, menurut Andrias, agar kalimantan yang terkenal dengan hutannya yang rindang, dan sebagai paru-paru dunia bisa kita pertahankan.

"Nantinya kita akan melibatkan tiga atau empat orang petani lokal, yang mau merawat bibit pohon yang ditanam," jelasnya.

Sementara itu, Kabid Pertanian DPP Kukar, Sugianto mengatakan, jenis tanaman yang ditanam, murni dari jajaran polres, dengan spesifikasi bibit unggul.

"Jenis tanaman yang ditanam Polres Kukar bersama lintas OPD, sudah kelas tanaman yang super dan ciri khas kalimantan," ucapnya.(and/poskotakaltimnews.com)

Admin
RELATED POST