Pengusaha Usulkan Bangun Pintu Tol di Kukar

img

TENGGARONG- Sejak diresmikannya jalan Tol Balikpapan-Samarinda oleh Presiden Jokowi beberapa waktu yang lalu, sudah banyak yang menikmati jalan tol tersebut, namun sangat disayangkan pintu masuk tolnya menuju Balikpapan terletak ada di Palaran Samarinda, yang ini dirasa sangat jauh bagi pengguna dari  Tenggarong dan sekitarnya, Ketua Asosiasi Pengusaha Kontruksi Indonesia(Aspekindo) cabang Kukar Sugianto, mengusulkan agar bisa dibangun pintu tol di wilayah Tenggarong.

"Kalau pintu tolnya di Palaran Samarinda, sangat jauh, dan waktunya lumayan lama jika terjebak macet dikawasan Kota Samarinda,"ujar Sugianto, Kamis(16/01/2020) melalui telpon.

Sugianto menambahkan, jika pintu tol di Samarinda, pengguna dari tenggarong dan sekitarnya, justru lebih efesien melalui jalan poros Samarinda-Balikpan, jika melalui palaran akan muter lagi, dan memakan waktu yang lama lagi.

"Lebih efektif, jika ada pintu tol diwilayah tenggarong atau sekitarnya, ini harus difikirkan pemerintah," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang(DPPR) Kukar, Setianto Nugroho Aji mengatakan, pemerintah sudah merencanakan akan membangun pintu masuk tol wilayah Kukar.

"Pasti sudah kita fikirkan, akan bangun pos tol, apakah berada di Tenggarong, Loa Kulu, Loa Janan atau Samboja, yang niatannya memudahkan masyarakat yang ingin melalui jalan tol Balsam," jelasnya.

Setianto Aji menambahkan, selain itu juga, pemkab Kukar akan melanjutkan akan pembangunan jalan pendekat Tenggarong-Loa Janan, yang mana untuk jalan Loa Kulu-Loa janan sudah baik.

"Tinggal menyisahkan jalan alternatif Tenggarong-Loa Kulu saja yang belum dikerjakan. Ditargetkan pembangunan jalan pendekat Loa Kulu-Tenggarong akan dikerjakan tahun ini juga," pungkasnya.(and/poskotakaltimnews.com)