Distribusi Air PDAM Keruh Dikeluhkan Pelanggan

img

TENGGARONG, Distribusi air PDAM Tirta Mahakam ke pelanggan yang berada dikawasan Jalan Mangkuraja-Bekotok, Maluhu belakangan ini mengalami sangat keruh, bahkan warna kecoklatan yang cukup pekat. Kondisi seperti itu sangat dikeluhkan pelanggan.

Direktur Utama PDAM Kukar Suparno tak membantah kondisi tersebut. Hal ini karena air baku sungai Tenggarong mengalami kekeruhan cukup tinggi, bahkan berwarna agak kehitaman.

Kondisi tersebut dikarenakan banyaknya pohon pohon seperti enceng gondok yang memenuhi sungai Tenggarong, sehingga getah getah dari pohon tersebut menjadikan warna air menjadi agak kehitaman.

“Upaya yang kita lakukan adalah melakukan pengurangan jumlah produksi, sebab kuantitas air yang kita olah kondisinya sangat keruh sekali,” ujar Suparno saat dihubungi, Senin 3/2/2020.

Dikatakan Suparno, salah satu opsi yang akan dilakukan PDAM Tirta Mahakam yakni menggunakan air baku Sungai Mahakam untuk distrubusi air ke pelanggan, yang berada dikawasan Jalan Mangkuraja dan sekitarnya. Sehingga air sungai Tenggarong nantina menjadi bahan baku cadangan saja.

“Kita akan usulkan agar proses pipanisasi jalur ke arah sungai Mahakam segera bisa dilakukan, dimana anggarannya nantinya diusulkan dengan menggunakan dana APBD Kukar. Sehingga dalam pengolahan bahan baku nantinya dengan menggunakan air sungai mahakam, untuk mengaliri pelanggan yang berada di Jalan Mangkuraja dan sekitarnya,” tuturnya.(awi/poskotakaltimnews.com)