SDN 011 Tenggarong Adakan UTS

img

TENGGARONG, SDN 011 Tenggarong tengah melaksanakan rutinitas ujian tengah semester yang biasa juga disebut dengan UTS. Ujian ini sendiri bertujuan untuk mengukur daya serap peserta didik dalam program pengajaran 3 bulan pertama setelah pembagian rapor.

Untuk persiapan UTS sendiri tidak begitu banyak berubah seperti kegiatan serupa sebelumnya hanya saja untuk peserta didik yang duduk di kelas 6, SDN 011 Tenggarong bekerja sama dengan Lembaga Bimbingan Belajar Swasta yakni Primagama untuk pengolahan soal dimana ini bertujuan untuk melatih peserta didik untuk bersiap menghadapi Ujian Nasional atau UN.

Kegiatan ini dapat dikatagorikan seperti try out mandiri yang telah memperoleh persetujuan dari orang tua maupun wali peserta didik khusus kelas 6 sebagai latihan pra ujian.

Kepala Sekolah SDN 011 Tenggarong Siti Jubaidah, S.Pd menjelaskan begitu pentingnya try out bagi peserta didik yang duduk di kelas 6 guna melatih kemampuan dalam menghadapi ujian sekolah yang menjadi salah satu faktor penentu kelulusan hingga dapat dikatakan mampu melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yakni SMP.

“Di agendakan ada 3 tahapan tryout yang akan dilaksanakan bagi peserta didik kelas 6 dan ini adalah kali ke 2 diselenggarakan try out di SDN 011 Tenggarong”,” katanya.

Tryout mandiri ini juga sembari menunggu program tahunan pemerintah tes daya serap  (TDS) tambah Siti, yang resmi dari pemerintah sebagai tahapan yang harus dilalui peserta didik sebelum ujian nasional.

’’Kalau tidak dilaksanakan tryout terlebih dahulu atau berharap langsung menghadapi Tes daya serap atau TDS dari pemerintah kami khawatir peserta didik kami akan terkejut melihat soal dan LJUN atau lembar jawaban ujian nasional”tambahnya..

 

Melalui kegiatan UTS ini diharapkan terlihat hasil dari pengajaran selama 3 bulan apakah perlu pengayaan lebih atau pengulangan sebelum melanjutkan pelajaran berikutnya untuk menghadapi ujian semster bagi peserta didik dari kelas 1 hingga kelas 5. Secara teknis melalui soal-soal yang diujikan di UTS ini peserta didik menjawab sesuai dengan ilmu yang telah mereka terima dari pendidik sehingga jika memang ada keberhasilan maupun ketidak berhasilan akan langsung ditanggulangi dengan pengajaran berikutnya sebelum ujian kenaikan kelas.

Melalui nilai UTS ini pula orang tua peserta didik dapat mengukur dan membantu mengarahkan putra putrinya dirumah dalam belajar. Jenis soalnya pun benar-benar disesuaikan dengan batas pembelajaran selama 3 bulan berjalan. Dapat dikatakan sebagai warmingup bagi peserta didik sembari menyelesaikan pelajaran tiap semesternya.(aji-poskotakaltimnews.com)