Panwaslu Kelurahan/Desa se-Kutim Dilantik

img

(Pelantikan Panwaslu se Kutim)


SANGATTA - Kegiatan pelantikan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kelurahan/Desa se- Kecamatan Muara Wahau ,  di Hotel Sini Permai,Desa Wanasari Kecamatan Muara Wahau Minggu (15/3/2020), dihadiri oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kutim. Kegiatan tersebut dibika oleh Ketua Panwaslu Muara Wahau Aswadi.

Sementara itu dalam sambutannya Aswadi mengatakan,bahwa  hasil-hasil kerja pengawasan yang telah dilakukan hingga hari ini. Diantaranya termasuk perihal rekuitmen Panwaslu kelurahan/desa se- Muara Wahau.

"Ditegaskan oleh Aswadi,bahwa laporan hasil pengawasan harus terdokumentasikan dengan baik, kita semua bekerja sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Panwaslu kelurahan/desa juga harus mengusasi IT, karena hal tersebut untuk memudahkan pelaporan berbagai macam kegiatan pengawasan di masing-masing desa," ungkapnya," kepada wartawan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Kabupaten Kutim Andi Mappasiling mengucapkan selamat kepada seluruh Panwaslu desa yang terpilih. Karena mereka adalah garda terdepan Bawaslu dalam melakukan kerja pengawasan di tiap-tiap desa yang ada.

"Tiga hal mendasar yang harus ditekankan untuk para Panwaslu desa yang terpilih, yakni kemudian menjaga mandat sejarah, mandat sosial politik dan budaya, serta mandat undang-undang. Sebagaimana slogan Bawaslu, Bersama Rakyat Awasi Pemilu bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu. Ini harus benar-benar terpatri didalam menjalankan tugas pengawasan," ungkapnya.

Perlu diketahui pelantikan serentak untuk Panwaslu kelurahan/desa oleh Bawaslu Kutim dilakukan dalam waktu dua hari, yakni sejak Sabtu hingga Minggu ini. Dimana untuk Sabtu (14/3/2020) pelantikan dilakukan di kecamatan Batu Ampar, Kongbeng, Rantau Pulung, Kaubun Kaliorang, Muara Bengkal, Busang dan Karangan. Adapun pelantikan yang berlangsung pada hari Minggu ini berlangsung di Sangatta Utara, Muara Ancalong, Teluk Pandan, Sangatta Selatan, Bengalon, Telen, Sangkulirang, Long Mesangat, Sandaran dan Muara Wahau.(nd)