Aswin: Perpustakaan Tetap Buka Layani Masyarakat

img

(HM Aswin)


SAMARINDA-Pemerintah daerah  telah mengeluarkan surat edaran terkait  isolasi terbatas  dalam mengantisipasi  penyebaran  Corona  Virus Disease 2019  (Covid-19)  mulai tanggal 17 Meret 2020 sampai waktu yang tidak ditentukan,  dengan   meliburkan semua seluruh sekolah  mulai tingkat FAUD  sampai tingkat perguruan tinggi.  walaupun demikian untuk pelayanan di Perpustakaan Daerah masih tetap buka  sementara dalam melayani masyarakat.    

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah  Provinsi Kaltim H.M . Aswin  menjelaskan  untuk sementara Perpustakaan Daerah masih tetap buka  untuk melani masyarakat , karena  pengunjung  perpustakaan  tidak terlau berjubel, dan selanjutkan akan berkonsulatasi  dengan Gubernur Kaltim  apakah nantinya terus dibuka atau ditutup sementara.

“Insya  Allah, perpustakaan daerah  Kaltim akan tetap buka untuk sementara dalam  melayani masyarakat,  oleh karena itu, kami disarankan kepada masyarakat, mahasiswa maupun pelajar  yang memerlukan buku  dapat mengakses buku-buku  di perpustakaan digital dengan mendonload  iKaltim,” kata  Aswin melalui  via Hand phondnya, Rabu (18/3/2020). 

Melalui Kaltim, lanjut  Aswin,  masyarakat tanpa batasan ruang dan waktu dapat mengakses ribuan judul buku secara gratis melalui komputer, laptop dan smartphone (gadget) untuk pembacanya.  . Sehingga aplikasi ini diharapkan dapat menjadi salah satu media pendidikan literasi bagi masyarakat dalam kerangka mewujudkan Kaltim  Berdaulat.

“ Koleksi buku di iKaltim ada 16 ribu  lebih judul dan 135 copy  judul buku sehingga   dengan iKaltim, warga dengan mudah mengakses buku di manapun dan kapanpun. Terutama saat penerapan  isolasi terbatas oleh pemerintah   dalam mengantisipasi  penyebaran  Covid-19, dan diakuti sejak  merebaknya kasus Covid-19 pengunjung perpustakaan daerah mengalami penururunan pengunjung,” kata Aswin.(mar)