ODP di Kukar Meningkat Drastis

img

(Grafik data kasus Covid 19 Kutai Kartanegara, data Dinkes Kukar)

 

TENGGARONG- di Kabupaten Kutai Kartanegara dalam per satu hari, kenaikan jumlah Orang Dalam Pemantauan(ODP) pencegahan penyebaran virus Covid-19 meningkat drastis dari satu hari sebelumnya, dari 154 orang menjadi 192 ODP, per 26 Maret 2020 mengalami kenaikan 38 orang. Sedangkan untuk penderita positif Corona masih tetap dua orang, sedangkan Pasien Dalam Pengawasan(PDP) tetap dua orang.

Kecamatan Tenggarong sebagai Ibu kota kukar menempatkan posisi tertinggi ODP mencapai 73 orang, Sebulu mencapai 23 orang, Muara Badak mencapai 22 orang, Tenggarong Seberang 14 orang, Marang Kayu 9 orang, Kota Bangun 6 orang, Muara Kaman 5 orang, Samboja 7 orang, Loa Janan 6 orang, Loa Kulu 5 orang, Sangasanga 16 orang, Anggana 3 orang, Muara Jawa 1 orang, sedangkan untuk kecamatan Muara Muntai dan Kenohan, yang sebelum tidak ada ODP, sudah kedapatan masing-masing 1 orang. Masih terdapat tiga kecamatan yang 0 ODP yakni Tabang, Kembang Janggut dan Muara Wis.

Kadinkes Kukar Martina Yulianti menghimbau kepada orang yang baru datang dari luar kukar, atau berkunjung ke daerah pandemi corona, diharapkan untuk melaporkan ke petugas kesehatan, dan ambil langkah melakukan isolasi rumah, untuk menjaga agar proses memutus mata rantai penyebaran virus dapat diatasi dengan baik.

"Kepada masyarakat kukar diharapkan jangan keluar daerah dahulu, demi mengantisipasi penyebaran virus corona. Kebijakan sosial distansing, dengan menjaga jarak sosial, menjauhi keramaian, serta menjaga kebersihan dan kesehatan diri, ini harus dibiasakan masyarakat kukar," ujarnya.(and)