PPDB Sistem Drive Thru

img

(Hadi Mulyadi saat menerima jajaran Dinas Pendidikan Kaltim, Selasa (12/05))

 

SAMARIMDA- Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi mengapresiasi Dinas Pendidikan Kaltim terkait persiapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMA dan SMK tahun pelajaran 2020/2021 yang sosialisasinya akan dimulai pada 18 Mei-19 Juni 2020. 

“Terima kasih atas laporan yang disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kaltim beserta jajaran. Jadi ada beberapa aturan baru terkait dengan zonasi, juga ada kebutuhan untuk lingkungan, ada prioritas untuk anak guru dan tenaga kependidikan, juga ada sekolah yang ditunjuk untuk menerima siswa inklusi, jadi setiap kelas ada jatah dua orang untuk siswa inklusi. Ada delapan sekolah yang ditunjuk untuk menerima siswa inklusi,” kata Hadi Mulyadi saat menerima jajaran Dinas Pendidikan Kaltim, Selasa (12/05).

Hadi Mulyadi menjelaskan sesuai laporan Kepala Dinas Pendidikan, untuk pendaftaran ini menggunakan sistem online namun bisa juga menyerahkan berkas langsung ke sekolah (offline). 

“Kita juga mengimbau kepada sekolah yang memungkinkan untuk melaksanakan pendaftaran secara drive thru, agar segera mempersiapkannya. Namun tetap memperhatikan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19,” jelasnya. 

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Anwar Sanusi mengatakan pihaknya sudah melakukan sosialisasi terkait persiapan PPDB SMA dan SMK di DPRD bersama kepala sekolah dan MKKS. 

“Hari ini kita ke Pak Wagub. Jadi kita sudah membuat beberapa kriteria. Sekali lagi yang agak rumit itu untuk zonasi yang pada tahun ini diserahkan kepada kabupaten/kota masing-masing. Tahun ini kita juga melibatkan camat dan lurah untuk menetapkan zonasi itu,” kata Anwar.  

Anwar menyebut sesuai arahan dari Wakil Gubernur, maka Dinas Pendidikan akan menginformasikan kepada beberapa sekolah agar mempersiapkan pendaftaran manual (offline) dengan sistem drive thru. 

“Kami sudah mendapatkan masukan baru dari Pak Wagub, luar biasa. Jadi peserta yang mendaftar secara manual itu sistemnya seperti drive thru. Siswa yang mendaftar menggunakan motor langsung menyerahkan berkas, setelah itu bisa langsung pergi. Dengan tetap menjalankan protokol kesehatan selama Covid-19,” urainya. 

Sebagai informasi, PPDB akan dibuka secara bertahap. Untuk jalur prestasi, afirmasi, perpindahan tugas orangtua dan anak kandung guru/tenaga kependidikan, pendaftaran dibuka pada 22-25 Juni dan pengumuman pada 26 Juni 2020. Sementara untuk jalur reguler, pendaftaran dibuka pada 29 juni-2 Juli 2020 dan pengumuman pada 3 Juli 2020. (mar)