LO BNPB Pusat Kunjungi Kaltim

img

(Gubernur saat menerima LO BNPB)


SAMARINDA- Liaison Officer (LO)  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat Brigjen TNI (Purn) Nanang  Hariyanto   melakukan Kunjungan Kerja ke Provinsi Kaltim dalam rangka sinergitas dan monitoring  dengan  Poskota  Gugus Tugas Percepatan Penanaganan Covid 19 Provnsi Kaltim dan Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kabupaten/kota.  

Leason   BNPB  Pusat Brigjen TNI (Purn) Nanang Hariyanto  yang  mendapat tugas oleh BNPB Pusat untuk melakukan sinergitas dan  monitoring   terhadap pelaksanaan Posko Gugus  Tugas Percepatan Penanganan  Covid-19 di daerah khususnya di Provinsi Kaltim, melakukan audiensi dengan Gubernur Kaltim H Isran Noor, yang berlangsung diruang Rapat Gubernur  Kaltim, Senin (18/5/2020).

 Isran Noor  mengatakan sejak dibentuknya Gugus Tugas Gugus  Tugas Percepatan Penanganan  Covid-19 Provinsi Kaltim, telah melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik,  diantaranya   mengoordinasikan dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan percepatan penanganan Covid-I9. melakukan pengawasan pelaksanaan percepatan penanganan CovidD-19,  serta  mengarahkan sumber daya untuk pelaksanaan kegiatan percepatan penanganan Covid-19.

“ Selain itu, kita  juga  sudah menyalurkan bantuan alat pelindung diri (APD) baik dari pihak masyarakat  maupun perusahaan, termasuk pengadaan sendiri, semuanya sudah dilaksanakan secara transparan  kepada  masing-masing  daerah khususnya rumah sakit rujukan yang menangani  pasien Covid-19, “ tandasnya.

Isran Noor juga memaparkan berbagai upaya yang telah dilaksanakan Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 provinsi maupun kabupaten/kota dan Dinas Kesehatan  dalam upaya memanimalisir penularan virus Corona, termasuk menginformasikan data-data update perkembangan Covid-19 ke masyarakat melalui Video Conference, maupun pelaksanaan anjuran protokol kesehatan Covid-19  diseluruh wilayah Kaltim.  

Nanang Hariyanto sebelumnya  mengatakan, maksud dan tujuan  pelaksanaan sinergitas dan  monitoring  terhadap Posko Gugus Tugas  Percepatan Penanganan Covid-19  di daerah  di Kaltim, tidak lain sebagai upaya percepatan penanganan Covid-19 dimasing-masing daerah, apakah sudah berjalan sesuai Tufoksinya  atau belum, termasuk kedandala-kendala apa saja yang dialami dalam penangana n Covid-19 di Kaltim.

Dikatakan,  LO dari BNPB Gugus Tugas Nasional menjadi penghubung Tim Gugus Tugas Provinsi Kaltim kepada Gugus Tugas Nasional untuk melaporkan seluruh kegiatan dan  persoalan yang ada di daerah sehingga persoalan tersebut dapat diantisipasi secepat mungkin, dalam penanganan Covid-19 di Provnsi Kaltim.

“ Saya sudah melakukan monitoring terhadap Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19  Provinsi Kaltim, Samarinda, Balikpapan dan PPU, hasilnya sudah berjalan dengan baik, walaupun  masih ada yang perlu dibenahi seperti koordinasi data-data dari kabupaten/kota ke Provinsi,” kata Nanang  Hariyanto.   

Tampak hadir dalam audiensi LO BNPB Pusat dengan Gubernur Kaltim  Penjabat (Pj) Sekprov Kaltim HM Sa’bani, Danrem 091/ASN  Kolonel Inf Cahyo Suryo Putro.Pelaksana Tugas (Plt)  Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kaltim H.Nazrin. (mar)