"Mengadu ke DPRD" Muara Kaman Ulu Belum Terima Bantuan Sembako

img

(Suasana pertemuan diruang Banmus DPRD Kukar)

 

TENGGARONG- Hingga saat ini, Desa Muara Kaman Ulu(MKU) belum Terima bantuan sembako gratis dari Pemkab Kukar, dengan alasan, jumlah paket sembako tidak sesuai dengan usulan yang diminta oleh pihak desa MKU. Usulan pihak desa MKU akan diakomodir melalui data tambahan penerima bantuan sembako Pemkab Kukar. 

“Kita usulkan 702 KK penerima paket sembako, ternyata disetujui cuma 164 kantong, yang akan dibagikan ke 19 RT se MKU, akhirnya kami tolak, karena akan beresiko jika dibagikan, akan terjadi kecemburuan sosial, “cetus Kades MKU Hendra, saat RDP dengan DPRD Kukar, yang dipimpin Ketua Komisi 4 Baharuddin, Rabu(27/5/2020) siang, diruang Banmus. 

Hendra menambahkan, punya alasan yang jelas, kenapa mengusulkan 702 KK, karena sudah sesuai dengan kriteria yang diminta Pemkab Kukar, bahwa yang layak dapat sembako, orang yang terdampak Covid-19 di Kukar, dan sudah dilakukan verifikasi ketat ditingkat desa dan RT, dan dipastikan sudah sesuai dan layak mendapatkan bantuan sembako. 

“Kami sudah seleksi dari 702 KK tersebut memang betul-betul membutuhkan, kami yang tau secara langsung kondisi masyarakat kami, “ ucap Hendra. 

Sementara itu, Camat Muara Kaman Surya Agus memastikan, apa yang diusulkan pihak desa MKU, akan diakomodir di jatah tambahan bantuan melalui Dinsos Kukar. Camat meminta kepastian, agar data yang diberikan desa sesuai dengan yang diminta Pemkab Kukar. 

“Pastikan yang penerima sembako usulan Pemdes, tidak menerima bantuan lainnya bersifat reguler dari pemerintah pusat dan provinsi, “ jelasnya. 

Ketua Komisi 4 DPRD Kukar Baharuddin mengatakan, lembaga berharap persoalan yang disampaikan desa MKU cepat ada solusinya, karena menyangkut kebutuhan masyarakat yang harus diselesaikan secara cepat, bantuan segera disalurkan ke yang berhak membutuhkan bantuan sembako dari Pemkab. 

“Kita berharap, persoalan ini cepat selesai, dan tidak ada persoalan di desa lainnya. DPRD siap mendukung anggaran penanganan dampak Covid-19 di Kukar, ini komitmen kelembagaan kami, “ pungkasnya.(and)