Stok APD Aman 2 Bulan Kedepan

img

(Alat Pelindung Diri)

 

SAMARINDA-Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad  Ishak mengatakan untuk ketersediaan (stok) Alat Pelindung Diri (ADP) penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) masih  mencukupi paling tidak dalam 2 bulan kedepan.

" Karena saat ini  masih ada sekitar 24.000 stok APD kita yang ada di Dinas Kesehatan dan juga masih ada beberapa ribu APD  di BPBD  Kaltim," Andi Muhammad Ishak disela penyerahan bantuan 20 ribu kit  Alat Rapid Test, diruang Rapat Gubernur Kaltim, Jumat (5/6/2020).  

Jumlah 24 ribu APD yang ada di Dinas Kesehatan Kaltim, lanjut Andi Muhammad Ishak, selain bantuan dari pusat, juga ada  bantuan dari pihak ketiga serta dari  pengadaan sendiri dari dana APBD.

" Sehingga untuk sementara,  belum mengadakan lagi APD, karena stok yang ada masih memungkinkan bertahan paling tidak sampai dua bulan kedepan," tandasnya.

Untuk pendistribusian APD, lanjut Andi Muhammad Ishak dilakukan sesuai data  permintaan masing-masing daerah dan dilakukan secara proporsional, termasuk pendistribusian bantuan Alat Rapid Test.

" Pendistribusian APD maupun Alat Rapid Test, akan dilakukan pada semua  kabupaten/kota, sesuai data yang ada pada kami, secara proporsional, disamping itu juga, kami akan melihat ketersediaan  yang ada di daerah, karena kami tahu juga sudah ada beberapa daerah sudah mendapatkan bantuan APD dari pihak ketiga," papar Andi Muhammad Ishak yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim.(mar)