Hutan Mangrove Rusak, Timbulkan Abrasi di Pantai Desa Lebuangkalo

img

TANA PASER, Hutan Mangrove  di Kabupaten Paser semakin mengalami kerusakan cukup parah, di sebabkan  pembukaan lahan untuk tambak kian meluas. Tak terkecuali  pantai di daerah pemukiman warga juga sudah tergerus ombak /abrasi pantai karena tanaman mangrove rusak parah. Desa Labuangkalo Kecamatan Tanjung Harapan saat ini yang  cukup parah kerusakan pantainya. Akibatnya banyak rumah warga yang terletak di pinggir pantai terancam tergerus dari hantaman ombak besar.

Camat Tanjung Harapan  Noor Asikin berharap perhatian dari Pemerintah  Kabupaten Paser untuk  membangunpemecah gelombang ( break water ) atau pemecah ombak  dengan tujuan untuk menyerap sebagian energi gelombang dan untuk mengendalikan abrasi yang menggerus garis pantai. 

Warga  Desa Labuangkalo pernah mencoba menanami bibit mangrove , tapi tidak berhasil, karena tanah pantai tergerus gelombang/ombak besar. Beberapa unit rumah yang masih berada  di sekitar pinggir pantai akan rusak. 

” Maunya kita rumah rumah yang berada dekat dengan pinggir pantai harus di pindah naik kedaratan untuk menghindari korban tak di inginkan,” kata Noor Asikin. (nyom/taf-poskotakaltimnews.com)