Penyertaan Modal Rp450 Miliar ke Bankaltimtara Hasilkan Dividen Rp400 Miliar

img

(Ahmad Yani)


TENGGARONG,Penyertaan modal Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara ke Bankaltimtara sampai 2013 senilai Rp 450 miliar. Dari nilai penyertaan modal tersebut, dividen yang sudah diterima Pemkab Kukar sudah mencapai angka Rp400 miliar.

“Keuntungan yang didapat oleh Pemkab Kukar dari nilai penyertaan modal sampai 2013 itu, udah hampir balik modal, yakni keuntungannya capai Rp400 miliar,” kata Anggota Komisi III DPRD Kukar Ahmad Yani kepada media ini beberapa waktu lalu.

Ahmad Yani menjelaskan, sebenar berdasarkan Peraturan Daerah (perda) terkait penyertaan modal ke Bankaltimtara, nilai total penyertaan modal yang harus diberikan oleh Pemkab Kukar itu mencapai Rp750 miliar, namun realisasi baru sekitar Rp450 miliar.

“Kita berharap pemerintah bisa memenuhi penyertaan modal ke Bankalltimtara dimana realiasi sesuai Perda harusnya Rp750 miliar tapi baru terealisasi Rp450 miliar. Kalau tidak menambah modal baru, yang menjadi keuntungan atau dividen itu lebih baik untuk menambah penyertaan modal di Bankaltimtara,” papar Ahmad Yani.

EVALUASI PERBUP 37/2012

Ahmad Yani juga menyinggung peranan Bankaltimtara terkait pengelolaan Kas Daerah pada APBD Kukar selama ini. Bahwa semua transaksi pengeluaran dan pemasukan Pemkab Kukar melalui Bankaltimtara.

“Perbup 37/2012 tentang penunjukkan Bank daerah harus dievaluasi. Perbup itu mengatur terkait segala transaksi keuangan pemerintah melalui Bankaltimtara, walapun didalamnya itu ada disebutkan BRI, tetapi kan sampai sekarang tidak jalan,” kata Ahmad Yani.

Harapan kita bersama dan masyarakat menurut Ahmad Yani harus  mendukung perubahan, dimana dalam proses pengelolaan kas daerah nanti bank bank lain yang ada di Kukar harus diperlakukan sama dengan Bankaltimtara.”Tidak menutupkemungkinan kedepan pengelolaan kas daerah tidak hanya di Bankaltimtara, tetapi dengan bank lain. Oleh sebab itu Perbup nya nanti harus dirubah, kalau perlu nanti dikuatkan lagi dengan Perda,” tandasnya.(awi/Poskotakaltimnews.com)