200 Warga Sanga-Sanga yang Kontak Erat dengan Pasien Positif Covid-19 Jalani Swab Massal

img

(Petugas saat akan melakukan swab terhadap 200 warga sanga )


TENGGARONG, Sekitar 200 warga Kecamatan Sanga Sanga menjalani swab massal, setelah diketahui ada kontak erat dengan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) positif Covid-19 warga Sanga Sanga, yang meninggal dunia pada 2 Juli 2020, dan baru diketahui hasil swab pada 7 Juli 2020 bahwa pasien tersebut ternyata terkonfirmasi positif Covid-19.

Proses pemakaman pasien yang meninggal dunia tersebut tidak dilakukan proses protokol kesehatan.”Sehingga warga yang kontak erat dengan pasien yang meninggal dunia itu, pada, hari ini (Rabu 8 Juli 2020) langsung kita lakukan swab massal,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kukar yang juga juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Martina Yulianti, Rabu (8/7/2020) siang.

Swab massal kata Martina Yulianti dilakukan di Puskesmas Sanga Sanga dengan dibantu dari Puskesmas Muara Jawa dan Loa Janan, sementara tim swab dari RSUD AM Parikesit Tenggarong.

Perlu diketahui bahwa pasien positif Covid-19 merupakan KK 73 usia 68 tahun dari kecamatan Sanga Sanga dirawat di rumah sakit I.A Moes Samarinda pada 1 Juli 2020, kemudian pada 2 Juli meninggal dunia dan dilakukan swab tenggorok, dan hasilnya diketahui positif terkonfirmasi Covid-19 pada 7 Juli 2020.

Martina Yulianti mengingatkan kepada warga Kukar, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, karena bahaya Covid-19 masih ada ditengah kita. Oleh karenya dia meminta kepada masyarakat untuk tetap menjaga dan melindungi diri masing masing, dengan menjaga jarak, menggunakan masker ketika melakukan aktivitas diluar, menjaga kebersihan.(awi)