Resmi DPK KNPI Damai Dilantik dan Dikukuhkan

img

Ketua Umum DPD KNPI Kubar Canissius Arjan SE, melantik dan mengukuhkan DPK KNPI Kecamatan Damai. Ditandai dengan penyerahan Bendera Pataka KNPI diterima oleh Ketua DPK KNPI Damai Hari  Gamas Ssos, Jumat 25 September 2020. (foto : Lisdam Ntj/ran/jor/poskota kaltim)


SENDAWAR – Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Damai, Kabupaten Kutai Barat (Kubar), secara resmi telah dilantik dan dikukuhkan di Kantor Sekretariat DPD KNPI Kubar, Komplek Business Center Tinggi Diraja, Kecamatan Barong Tongkok, Sendawar, Jumat (25/9/2020).

Ketua Umum DPD KNPI Kubar, Canissius Arjan SE yang mengukuhkan dan melantik pengurus DPK Damai mengungkapkan, pemuda membutuhkan kreatifitas.

”Setelah dilantik dan dikukuhkan,DPK agar segera  melakukan konsolidasi dengan pemuda diseluruh kampung yang tercakup dalam kecamatan,” ungkapnya. 

Dia berpesan agar DPK KNPI se-Kubar membuat program kerja apa saja sesuai kebutuhan wilayah kecamatan. Namun program harus berdampak kepada pemuda.

“Jangan hanya kegiatan olahraga. Kurangi kegiatan bersifat seremonial. Ketua DPK terpilih harus kreatif, ide inovatif harus ada,” ujar Arjan, didampingi Sekretaris Umum DPD KNPI Kubar, Fachrujiansyah Bachsan. 

Menurutnya, banyak kegiatan bisa dilakukan oleh pemuda. Karena itu, DPK harus bisa bersinergi dengan perusahaan yang ada disekitar. Kegiatan KNPI diharapkan bisa meng-edukasi yang baik kepada masyarakat .

“Pemuda KNPI silahkan berpolitik, yaitu politik adu ide dan gagasan. DPK dilantik untuk mempersiapkan kepemimpinan terbaik di masa depan,” bebernya.  

Canissius Arjan menegaskan, KNPI adalah tempat pemuda menyampaikan aspirasi. DPK adalah wadah pemuda menyampaikan permasalahan apapun yang ada di kampung dan kecamatan.“Untuk mencari solusi pemecahan masalahnya, maka bisa didiskusikan,” ungkapnya. 

Arjan juga menyampaikan apresiasi dan permohonan maaf kepada DPK KNPI se-Kubar. Awalnya direncanakan pengukuhan dan pelantikan DPK langsung di 16 kecamatan se-Kubar. Namun kondisi pandemi COVID-19 sehingga tak mungkin.

“Pelantikan DPK Damai terpaksa dilakukan di Kantor Sekretariat DPD. Dengan menerapkan protokol kesehatan. Sehingga yang hadir dibatasi hanya 20 orang perwakilan,” paparnya.

“Kepada DPK Damai yang baru saja dikukuhkan dan dilantik, selamat bekerja. Mari membangun menuju hari esok Kutai Barat lebih baik daripada hari ini,” tandasnya.  

Sementara itu, Ketua DPK Damai, Hari Gamas SSos, dalam sambutannya usai dilantik mengatakan siap menyusun dan melaksanakan program pemuda yang diarahkan oleh DPD  KNPI Kubar.“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan, saya siap mengemban amanah pemuda Kecamatan Damai, KNPI adalah organisasi, maka kami siap bersinergi,” pungkasnya.

Begitu pula diungkapkan Sekretaris DPK KNPI Damai, Lisdam Ntj. Menurutnya, KNPI sebagai “rumah besar” seluruh elemen organisasi pemuda.“Eksistensi dan kesinambungan perjalanan sebuah organisasi dibutuhkan peran, kiprah dan kepedulian bersama bersinergi,” bebernya.

Dia menambahkan, diharapkan DPK KNPI menjadi sebuah kekuatan untuk membangun daerah,  memberikan manfaat bagi bangsa dan negara.“KNPI wadah menempa pemuda agar menjadi pemuda berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing tinggi,” tutup Lisdam.(ran/jor)