Calon Kepala Daerah Harus Jadi Teladan

img

(Isran Noor) 


SAMARINDA-Gubernur Kaltim H Isran Noor meminta para pasangan calon (paslon) kepala daerah agar bisa menjadi teladan bagi masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. 

Hal itu disampaikan Gubernur Isran Noor mengingat saat ini sudah memasuki masa kampanye calon kepala daerah hingga berpotensi memicu kerumunan massa.

"Para calon kepala daerah harus menjadi contoh, menjadi teladan upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Bukan justru menjadi penyebab munculnya klaster baru, klaster pilkada," kata Gubernur Isran Noor yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim itu, Kamis (1/10/2020).

Masa kampanye biasanya digunakan para calon untuk mengumpulkan massa, menciptakan kerumunan hingga berpotensi menyebabkan penularan.

Para calon kepala daerah semestinya kata Gubernur, justru harus memiliki inovasi dan kreativitas di masa pandemi ini. Bagaimanapun mereka harus bisa berkomunikasi menyampaikan visi dan misi yang baik, tapi tetap dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Yang peduli masyarakat, yang kreatif dan inovatif, itulah yang akan dipilih rakyat. Tapi kalau sekarang saja sudah tidak peduli Covid, kalau nanti jadi apakah dia bisa peduli rakyatnya," tanya Gubernur.

Intinya, kata Isran, para calon kepala daerah jangan sampai justru memicu klaster pilkada. Mereka harus memberi contoh nyata upaya melawan penyebaran Covid-19.

Sementara dari Gugus Tugas Samarinda dan Balikpapan dilaporkan penyemprotan disinfektan terus dilakukan di kantor pemerintahan dan pemukiman penduduk. (mar/poskotakaltimnews.com)