Dishut Sosialisasikan Perhutanan Sosial

img

(sosialisasi penyiapan perhutanan sosial untuk masyarakat dan kelompok tani hutan)


PASER-Dinas Kehutanan  Provinsi Kaltim, melalui UPTD  Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Kendilo di Paser, menggelar sosialisasi penyiapan perhutanan sosial untuk masyarakat dan kelompok tani hutan  di wilayah KPHP Kendilo, di Desa Luan dan Suweto Kecamatan Muara Samu, Kabupaten Paser.

Namun sebelum pelaksanaan sosialisasi, kegiatan  diawali dengan penanaman bibit pohon Sukun Kuning untuk penghijauan areal wisata Gunung Embun di Desa Luan Kecamatan Muara Samu.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim H. Amrullah  mengatakan,  selain untuk penghijauan, Sukun Kuning merupakan upaya diversifikasi pangan untuk kebutuhan karbohidrat selain dari beras sebagaimana yang dicanangkan oleh Gubernur Kaltim sejak tahun 2019.

" kita harapkan masyarakat dapat menjaga dan memelihara serta membudidayakan Sukun Kuning, karena selain untuk penghijauan juga dapat menambah perekonomian masyarakat," kata Amrullah usai melaksanakan  penanaman Sukun Kuning,

Kamis,  (22/10/2020).

Terkait sosialiasi perhutanan sosial Amrullah mengharapkan dapat menambah wawasan  dan  pengetahuan serta pemahaman kepada masyarakat sekitar hutan. dimana hutan produksi yang sebelumnya masih belum bisa dimanfaatkan masyarakat.

' Karena ketentuan perhutanan sosial diterbitkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,  diharapkan masyarakat dapat terlibat dalam pengelolaan hutan dengan berbagai pola, mulai dari hutan desa, hutan kemasyarakatan, hutan tanaman rakyat, kemitraan kehutanan, dan hutan adat," paparnya

Di luar kawasan hutan pun, lanjut Amrullah masyarakat dapat mengembangkan hutan rakyat yang mendukung perbaikan ekonomi dan perbaikan lingkungan hidup dengan melakukan penanaman kayu-kayuan, MPTS (multi purpose tree species) atau tanaman serbaguna dan tanaman tumpangsari.

"Mengelolaan hutan yang berbasis pemberdayaan masyarakat semata-mata demi mewujudkan “Hutan lestari dan masyarakat sejahtera”. Dengan demikian, KPHP selaku UPTD Dishut Kaltim akan menjadi pelaksana utama di tingkat tapak sehingga peran, tugas dan tanggung jawab KPHP harus benar-benar dilaksanakan sebaik-baiknya," tandas Amrullah.

Dalam rangkian kegiatan tersebut  Amrullah juga meresmikan rumah produksi madu KPHP Kendilo dan serta penyerahan bantuan Madu Trigona untuk petugas kesehatan  dan tenaga medis penanganan  Covid-19 di Paser.

Bagi UPTD KPHP Kendilo, keberadaan rumah produksi madu  akan semakin mendukung pengolahan dan pengemasan hasil madu Trigona dari Kelompok Tani Hutan binaan KPHP Kendilo sesuai standar kelayakan madu yang baik dan higenis.

Budidaya Madu Trigona dikembangkan dengan pola Kemitraan Kehutanan antara KPHP Kendilo dengan Kelompok Tani Hutan. Kegiatan ini turut mendukung kelestarian hutan karena tanaman yang ada dalam kawasan hutan menjadi sumber pakan bagi lebah madu trigona melalui pemanfaatan nektar bunga, bee pollen dari serbuk sari dan propolis dari getah tanaman. Filosofisnya, dengan budidaya lebah madu akan membantu mencegah perusakan dan pembakaran hutan di sekitar wilayah KPHP Kendilo.(mar/poskotakaltimnews.com)