Hadiri Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2020, Gubernur: Harus Tetap Optimis

img

(Gubernur saat menghadiri acara pertemuan tahunan Bank Indonesia)


SAMARINDA-Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor menghadiri Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI)2020 secara daring di Aula Maratua Gedung B Lantai 4 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (03/12).

PTBI 2020 dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi), pimpinan lembaga tinggi negara, menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur BI Perry Warjiyo beserta Dewan Gubernur, Gubernur 34 provinsi se Indonesia, pimpinan perbankan dan lembaga jasa keuangan.

Dalam arahannya Presiden Jokowi mengatakan kerja keras dari pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan selama 9 (sembilan) bulan di masa pandemi Covid-19 sudah menampakkan hasil dan sinyal positif perekonomian sudah semakin jelas.

"Momentum pertumbuhan yang positif ini tentu harus kita jaga, harus tetap hati-hati dan tidak boleh lengah, tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan Covid-19. Pusat dan daerah harus bergerak cepat karena masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Seperti pengangguran akibat PHK di era pandemi, angkatan kerja yang memerlukan pekerjaan. BI harus mengambil bagian signifikan, salah satunya mendorong terciptanya lapangan pekerjaan melalui program-programnya," urai Jokowi.

Sementara, Gubernur Isran Noor saat memberikan arahan dalam PTBI Kaltim 2020 yang merupakan lanjutan PTBI 2020, mengungkapkan Kaltim patut bersyukur atas segala upaya yang telah dilaksanakan bersama-sama sehingga pertumbuhan ekonomi Kaltim cukup baik, sebagai wujud implementasi dari sebuah kebersamaan atau kerja yang sinergi.

 “Kita harus optmis ditengah kondisi negara dan daerah dalam Covid-19. Dengan kondisi seperti ini kita tidak boleh putus asa, jadi kegiatan dan aktivitas tetap dilaksanakan tetapi harus mengikuti protokol kesehatan Covid-19,” ucap Isran Noor.

Mantan Bupati Kutai Timur ini secara khusus mengucapkan terima kasih kepada Perwakilan Bank Indonesia Kaltim, terutama atas program kerja sama dengan pemerintah daerah dalam upaya yang sangat intens dalam mengontrol inflasi.

“Inflasi tidak boleh tidak terjadi, tetapi harus di kontrol. Inflasi ini membuat sebuah keindahan dalam sebuah pertumbuhan ekonomi. Terima kasih juga atas program kerja sama BI dengan lembaga-lembaga pemerintah dan pelaku UMKM yang bertujuan untuk memajukan ekonomi masyarakat. Yang jelas, kita harus bersinergi sehingga kita harus optimis 2021 sudah dipastikan apapun yang terjadi dengan Covid-19, pertumbuhan ekonomi akan naik di seluruh dunia,” jelas Isran.

Hadir Kepala Perwakilan (KPw) BI Kaltim Tutuk SH Cahyono, KPw BI Balikpapan Bimo Epyanto, Ketua OJK Kaltim Made Yoga Sudahrma, Sekda Kukar H Sunggono, pimpinan OPD lingkup Pemprov Kaltim serta pimpinan perbankan BUMN/BUMD dan swasta. (mar/poskotakaltimnews.com)