Wagub Kaltim Canangkan Penanaman Bibit Sengon, Wujud Pelestarian Lingkungan

img

(Wakil Gubernur mencanangkan penanaman sengon)


KUKAR- Wakil Gubernur  Kaltim H Hadi Mulyadi resmi mencanangkan penanaman Bibit Sengon di Desa Jonggon Jaya, Kecamatan Loa Kulu Kutai Kartanegara, Selasa (8/12/2020).

Hadi bersyukur melalui penanaman bibit tersebut seluruh rakyat Jonggon Jaya siap menyukseskan program pembangunan hutan rakyat di Kaltim yang digagas Dinas Kehutanan Kaltim.

"Kami bersyukur masyarakat Jonggon Jaya siap membangun program hutan rakyat dengan cara penanaman bibit Sengon," kata Hadi Mulyadi.

Hadi berharap program ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat tak terkecuali warga Jonggon Jaya. Selain penanaman ini sebagai wujud pelestarian lingkungan juga mendukung peningkatan perekonomian masyarakat.

Karena, telah memanfaatkan hutan untuk kepentingan masyarakat. Kedepannya, bukan hanya tanaman keras, tapi bisa program tumpang sari, yaitu bisa dengan menanam jahe, sukun dan porang.

"Dengan begitu kita harapkan dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat Kaltim khususnya di Kabupaten Kutai Kartanegara," jelasnya.

Kepala Dishut Kaltim Amrullah mengatakan total bibit di Jonggon Jaya 102.000 bibit yang diperuntukkan dua Kelompok Tani.

"Bibit diperuntukkan bagi Kelompok Tani Purnama Jaya dengan lahan 50 ha, Harapan Jaya 100 ha. Dengan jarak tanam 4x4 meter," jelasnya.

Penanaman juga ditandai dengan penanaman oleh Wagub Hadi Mulyadi dan penyerahan simbolis bantuan pembangunan hutan rakyat bagi dua kelompok tani Jonggon Jaya.

Hadir Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kukar Wicaksono Subagio dan Kades Jonggon Jaya Cholil.(mar/poskotakaltimnews.com)