Partisipasi Masyarakat untuk Sukseskan Pilkada Sudah Bagus

img

(Eko Wulandaru)


SAMARINDA-Pelaksanaan Pemilu Pilkada sertak yang digelar 9 Desember di seluruh tanah air, ternyata dipantau langsung tim Pilkada  dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) termasuk di Kaltim.

Kasubid Wilayah III Direktorat Jenderal Bina Otonomi Daerah Kemendagri, Eko Wulandaru,  salah satu tim yang mendampingi Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim serta Forkopimda Kaltim, dalam monitoring ke beberapa TPS, baik di Samarinda maupun di Tenggarong Kutai Kartanegara, Rabu (9/12/2020).

Menurut Eko setelah melihat langsung pelaksanaan pemungutan suara Pilkada bupati dan walikota  di beberapa TPS,  antusias masyarakat luar biasa, apalagi dimasa pandemi Covid-19 saat ini.

Dikatakan Pemilu Pilkada di tengah pandemi Covid-19 merupakan baru pertama kali Republik Indonesia melaksanakannya, dan kalau dilihat partisipasi masyarakat sudah bagus.

" Partisipasi masyarakat dalam menyukseskan Pemilu Pilkada serentak di Kaltim sudah bagus, ini merupakan kerja keras dari pemerintah daerah, Forkopimda termasuk penyelenggara Pilkada dan Bawaslu termasuk  andil masyarakat dalam menyalurkan hak suaranya," kata Eko Wulandaru.

Ditambahkan, monitoring tim Kemendagri  dilaksanakan di seluruh daerah yang menyelenggarakan Pemilu Pilkada serentak tahun 2020.

"  Sebanyak 270 daerah kita monitoring, kebetulan kami berlima dari Kemendagri untuk wilayah Provinsi Kaltim, 6 kabupaten dan 3 kota yang melaksanakan Pilkada serentak, yang menjadi area kerja kami dalam melaksanakan pemantaun," tandasnya.

Selain partisipasi masyarakat sudah bagus dalam menyalurkan hak suaranya dengan mendatangi TPS, ternyata masyarakat juga sangat patuh dalam melaksanakan protokol kesehatan dengan menerapkan 3M.

" Dengan patuhnya masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, tentu diharapkan dapat berdampak dalam memanimalisir penularan Covid-19 di wilayah Kaltim dan Indonesia umumnya," tanda Eko Wulandaru.(mar/poskotakaltimnews.com)