Sekprov: Cermati dan Antisipasi

img

Sekprov HM Sa'bani

SAMARINDA-Sekprov Kaltim HM Sa'bani  mengatakan, mencermati kondisi sekarang ini dengan masih belum  selesainya pandami Covid-19,  maka semua harus menyimak lebih dalam lagi apa yang harus di antisipasi.

Dengan kondisi yang ada sekarang ini,  lanjut  Sa'bani ada stagnasi atau bahkan terjadi kontraksi  penurunan ekonomi,  menurunkan kemampuan konsumsi, baik masyarakat maupun beberapa aktivitas ekonomi, terus menurunkan daya beli masyarakat,

"Oleh karena itu, kita  didorong untuk  terus memacu bagaimana kita mampu meningkatkan itu, supaya ada peningkatan  mendapatan dan peningkatan konsumsi,  kalau itu terjadi, maka ekonomi akan mulai merangkak naik lagi," kata Sa'bani saat menghadiri  dan menyaksikan penandatanganan Memorandum of Understanding  (MoU)  tentang  kerjasama   dalam bidang  Tridarma  Perguruan  antara  Direktur Politeknik Negeri Samarinda (Polnes)   Ramli S.T.M.Eng   dengan Direktur Utama PT Kaltim Kariangau Terminal (KKT)  H Abdul Azis, yang digelar    di Gedung Direktorat lantai 3 Polnes, Kamis (17/12/2020).

Sa'bani menambahkan kondisi  Pandemi  Covid saat ini,  Indonesia pun masih tidak  jelas kapan berakhirnya jadi tinggal berdoa saja, semoga pendemi ini secepatnya berakhir.

" Oleh sebab itulah,  seluruh stakeholders termasuk jajaran Polnes dan PT KKT  perlu bersinergi   dengan tepat dan  mengantisipasi perkembangan ke depan,  karena apabila situasi ini  membaik,  maka tuntutan jasa akan semakin meningkat," tandasnya.

Sementara ini, kata Sa'bani aktivitas ekonomi yang relatif berjalan adalah di beberapa sektor jasa, telekomunikasi, dan transportasi menurutnya pariwisata mulai menaik sedikit-sedikit, termasuk jasa-jasa lainnya.

"Yang perlu dipahami betul  bahwa kondisi Kaltim itu tidak beda jauh dengan kondisi Indonesia,  dan kontraksi yang terjadi di Kalimantan Timur lebih dalam dari Indonesia," ujar Sa'bani.(mar/poskotakaltimnews.com)