Danrem 091 Aji Surya Natakusuma Resmikan TPA Darul Jihad Kodim 0906 Tenggarong

img

(Peresmian TPA Darul Jihad Kodim Tenggarong)

TENGGARONG, Danrem 091 Aji Surya Natakusuma Brigjen Cahyo Suryo Putreo meresmikan TPA Darul Jihad Kodim 0906 Tenggarong dan meninjau Demplot pertanian terpadu organik, Senin (11/1/2021), yang turut dihadiri Bupati Kukar Edi Damansyah.

Danrem Brigjen Cahyo Suryo Putro mengaku, bersyukur hadir di Makodim 096 Tenggarong dalam rangka meresmikan Tempat Pendidikan Al-Qur'an (TPA) yang menjadi inovasi jajaran Kodim, dimana untuk menyiapkan anak anak kedepan atau generasi muda menjadi orang yang sholeh dan sholehah, nama TPA tersebut ialah TPA Darul Jihad.

"Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan demplot, dimana Kodim 0906 Tenggarong bisa memanfaatkan lahan yang sebelumnya kumuh, dan saat ini sudah luar biasa di jadikan demplot pertanian terpadu, demplot tersebut ialah demplot modern yabg didirikan oleh Kodim, dan di dalamnya terdiri pengembangan pertanian, peternakan, perikanan, serta horticultura" Kata Cahyo kepada media, di Kodim.

Lanjut dia, program yang telah dilakukan Kodim adalah sebagai contoh kepada lingkungan masyarakat, dimana hal tersebut juga termasuk arahan pimpinan angkatan darat untuk kewilayahan bisa mengembangkan, bukan hanya di Kodim 0906 Tenggarong saja, namun di jajaran Korem harus sama bisa mengembangkan hal tersebut.

Sementara itu Bupati Kukar Edi Damansyah menuturkan, sinergisitas harus di tingkatkan, bagaimana peran pemerintah Kukar melalui Kodim dengan dunia usaha, dimana sainergisitas sudah terbangun dengan baik dengan pola " betulungan etam bisa".

Tambah dia, pihaknya mengapresiasi aktivitas Kodim, dimana ada TPA, demplot dan sebagainya, dari kegiatan Kodim banyak hal yang bisa di petik, dari ketahanan pangannya, keagamaannya.

"Saya berharap apa yang dilakukannya bisa jadi role modale, karena kita terus mendorong hal tersebut supaya bisa meningkat ketahanan pangan dan berkembang, terutama para generasi muda" Ujarnya

Terpisah, Dandim 0906 Tenggarong Charles Alling mengatakan, luasan lahan demplot tersebut sekitar 3 Hektare yang terdiri dari, green house, perikanan, ketahanan pangan, peternakan, dimana sebelumnya lahan tersebut sangat tidak terawat, dan saat ini lahan tersebut bisa di manfaatkan dengan baik dengan konsep intergreted farming system.(*riz/poskotakaltimnews.com)