7.040 Dosis Vaksin Tiba di Dinas Kesehatan Kukar

img

(Penyerahan vaksin dari Kepala Dinas Kesehatan Kukar kepada Kepala Instalasi Farmasi Kabupaten)

TENGGARONG, Sebanyak 7.040 vaksin sinovac tiba di Dinas Kesehatan Kukar sekitar pukul 14.30 wita, Selasa (12/1/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Kukar Martina Yulianti mengatakan, Vaksin tersebut di ambil dari Dinas Kesehatan Provinsi, vaksin tersebut akan di simpan di instalasi farmasi Kabupaten, sesuai dengan kaidah, tata cara penyimpanan vaksin yang baik dan benar yaitu, dengan menjaga rantai dingin dengan suhu -8 derajat, sesuai dengan peraturan yang ada.

"Nanti kita juga akan distribusikan ke seluruh fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yang telah terdaftar di Kukar, untuk melakukan vaksinasi kepada seluruh nakes yang sudah terdaftar" Kata Martina kepada media, di Dinas Kesahatan, Selasa (12/1/2021).

Ia menambahkan, dengan jumlah 7.040 tersebut, sekitar 82% dari nakes Kukar yang akan di vaksin, dan setiap orang tersebut menerima 2 vaksin. Dimana vaksin tersebut di serahkan kepada Kepala instalasi farmasi Kabupten untuk di simpan dan di jaga sehingga saat di distribusikan ke FKTP tetap aman, vaksin tersebut selalu di jaga oleh pihak kepolisian.

"Vaksin tersebut akan di suntikkan untuk 2 siklus, sehingga Nakes yang menerima sekitar 3.503 Nakes yang akan di vaksin, untuk tahap awal memang Nakes beserta 10 orang tokoh yang telah di tentukan oleh Pemda untuk mengikuti kick off penyuntikkan vaksinasi pada 14 Januari 2021 pukul 09.00 wita di RSUD A.M Parikesit"ucap Martina.

Sementara itu Waka Polres Kukar Kompol Erik menuturkan, dari proses pengiriman sampai nanti saat melaksanakan vaksin, pihaknya selalu melakukan pengawalan secara ketat, ada sekitar 30 anggota yang di kerahkan untuk menjaga tempat penyimpanan vaksin, dan nanti pada saat proses pengantaran ke RSUD akan di kawal dengan cara bisa menambah personil atau di bantu oleh Satlantas.

"Kami pastikan kita jaga untuk keamanaannya dari Dinas Kesehatan sampai  proses penyuntikkan di RSUD A.M Parikesit, dan kita berkolaborasi dengan Kodim atau Koramil untuk melaksanakan keamanannya baik itu di gudang, proses pengantaran, maupun proses penyuntikkan" Kata Erik.(*riz/poskotakaltimnews.com)