DPRD Kaltim Kunjungi Museum Mulawarman Tenggarong

img

(Suasana kunjungan DPRD Kaltim di Museum Mulawarman)

TENGGARONG, DPRD Kaltim melakukan kunjungan kerja ke salah satu destinasi wisata yang berada di Kukar yaitu Museum Mulawarman Tenggarong, Rabu (13/1/2021).

Kunjungan tersebut di pimpin oleh Ketua Komisi IV Rusman Yacub, Wakil Ketua Ely Hartati Rasyid, Sekretaris Salehuddin, dan beserta anggota lainnya.

Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Rusman yacub mengatakan, pihaknya memang fokuskan ke museum Mulawarman, sebagai obyek yang di kunjungi, karena pihaknya menganggap bahwa Museum Mulawarman tersebut adalah merupakan simbol budaya Kaltim, dan di ketahui semua bahwa salah satu destinasi unggulan di Kaltim yang di ketahui oleh masyarakat nasional adalah Museum Mulawarman.

"Jika orang luar mau datang ke Kaltim berwisata, pasti orang tahu menyebut yang namanya Museum Mulawarman" Kata Rusman kepada media, di Museum Mulawarman, Rabu (13/1/2021).

Ia menambahkan, berkenan dengan hal itu di era digitalisasi namun suasana Museum tersebut masih biasa saja pengelolaannya, dimana harus ada perbaikan, modernisasi tata kelola Museum Mulawarman.

"Kami banyak menyerap masalah masalah yang ada di Museum tersebut seperti, di Museum perlu adanya gedung teater mini yang bisa memberikan edukasi secara visual, sejarah terbentuknya kerajaan Kutai, kita juga perlu menvisualisasikan pengelolaan sumber daya alam seperti Sumber Mineral dan Batu bara (Suminerba)" katanya.

Lanjut dia, bagaimana semua bisa menvisulisasikan atau pementasan seni budaya yang berdimensi Kaltim.

Sementara itu Kepala UPTD Museum Mulawarman Tenggarong Joko Rukmono menuturkan, syukur alhamdulillah terima kasih atas kunjungan dari Komis VI DPRD Kaltim, dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris serta anggota, semuanya mensuport Museum Mulawarman.

"Karena museum ini merupakan andalan dari Kaltim dan ini sudah bermuara ke seluruh dunia, harusnya museum ini di tata sebagai kunjungan wisata terutama pendidikan anak anak sekolah baik itu mahasiswa maupun pihak pihak yang memerlukan penelitian di museum" Ucap Joko

Tambah dia, Dimana museum merupakan benda sejarah kuno yang ada di Indonesia terutama di Kaltim, sebagaimana mestinya harus di banggakan oleh masyarakat penduduk Provinsi Kaltim.

"Pihak DPRD melalui komisi IV yang di pimpin pak Rusman Yacub sangat mensupport museum Mulawarman, terutama di bagian sarana prasarananya untuk kemajuan museum ini"paparnya.

Joko mengatakan, Museum mulawarman merupakan sejarah yang pertama di Indonesia dan tertua, dimana wisatawan dari mancanegara jika tidak ada pandemi Covid-19 banyak yang berdatangan ke museum tersebut.(*riz/poskotakaltimnews.com).