Pelaku UMKM Keluhkan Kenaikan Bahan Pokok

img

(Penjual nasi goreng di Jalan Danau Aji Tenggarong)

TENGGARONG, Harga kebutuhan bahan pokok mulai merangkak naik. Kondisi naiknya harga, tentunya sangat berdampak kepada masyarakat, terutama para pelaku UMKM di Kukar, salah satunya yang di rasakan oleh Kuswanto pelaku UMKM Nasi Goreng Husna yang berada di Jalan Danau Aji Tenggarong.

Kuswanto mengatakan, menginjak awal tahun 2021 sejumlah  bahan bahan pokok mengalami kenaikan harganya.

"Barang barang yang mengalami kenaikan seperti, cabai, dimana cabai biasanya Rp. 25 ribu menjadi Rp. 70 ribu per kilo, telur 1 piring sebelumnya Rp. 45 ribu menjadi Rp. 50 ribu, dan Beras biasanya Rp. 110 ribu per 10 Kg kini menjadi Rp. 115 ribu per 10 Kg" Kata Kuswanto kepada poskotakaltimnews, Jum'at (15/1/2021).

Menurut dia, kenaikan harga ini tidak masalah jika wajar wajar saja selisihnya, jika sudah naik seperti ini dengan kondisi jualan yang sepi, secara tidak langsung keuntungan yang di peroleh makin menipis.

"Saya biasanya belanja buat warung itu sebanyak Rp. 500 ribu, sedangkan sekarang saya belanja habis Rp. 600 ribu sampai Rp. 700 ribu, maka dari itu keuntungan yang di peroleh makin menipis" Ucapnya

Penjualan saat ini menurun, tidak seperti dulu pada 2 tahun lalu, dimana 2 tahun lalu bisa menghabiskan 15 Kg nasi per malam, sedangkan saat ini hanya 10 Kg itu pun berat, untuk saat ini omset per malam mencapai Rp. 900 ribu sampai Rp. 1 juta.

"Saya berharap semoga harga kebutuhan bahan pokok bisa stabil, normal, karena sangat berpengaruh juga terhadap pedagang, dan semoga jualan bisa ramai kembali seperti dulu"katanya.(*riz/poskotakaltimnews.com)