Gubernur Apresiasi BPK RI Kaltim

img

(Gubernur Kaltim H Isran Noor) 

SAMARINDA-Gubernur Kaltim H Isran Noor  memberikan apresiasi kepada kepala  Badan Pemeriksa Kuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kaltim   Dadek Nandemar  beserta  jajarannya  khususnya  auditor  (pemeriksa) yang  telah  menyelesaikan dan menyerahkan dukumen   laporan  hasil pemeriksaan kapatuhan atas  pendapatan  participating  interest  10 persen  tahun  2018-2020  pada Pemprov Kaltim dan Pemkab Kukar,dan  badan usaha serta instansi  terkait lainnya.

“ Terimakasih  kepada kepala BPK Perwakilan Kaltim terutama kepada para pemeriksa yang telah bekerja dengan sangat baik, dan menjunjung kaidah-kaidah kebernaran dan peraturan- peraturan yang ada, sehingga dokumen   laporan  hasil pemeriksaan kapatuhan atas  pendapatan  participating  interest  10 persen  tahun  2018-2020  berjalan  baik, “ kata Isran Noor , usai menerima    dokumen   laporan  hasil pemeriksaan kapatuhan atas  pendapatan  participating  interest  10 persen  tahun  2018-2020 dari Kepala BPK Perwakilan Kaltim, yang dilaksanakan di Ruang Rapat  Kepala BPK Perwakilan Kaltim, Senin (18/1/2021).

Isran menambahkan,  laporan hasil  ini, akan menjdi  pemicu  semangat  bagi  jajaran apartur sipil negara  baik provinsi  maupun kabupaten, untuk terus  meningkatkan komitmen  membangun  pemerintah  yang  profesional,  bersih dan berwibawa.

“Sebagai tindak lanjut, kami akan mempelajari dan mencermati secara seksama dan penuh tanggungjawab  mengenai hasil pemeriksaan  kapatuhan atas pendapatan participating intterest 10 persen  tahun 2018-2020,”  kata Isran Noor.

Dedek Nandemar  menjelaskan   laporan  hasil pemeriksaan kapatuhan atas  pendapatan  participating  interest  10 persen  tahun  2018-2020, merupakan bagian tugas BPK perwakilan Kaltim,  sesuai dengan Undang-undang  pemeriksaan pengelolaan keaungan  dan tanggungjawab keuangan negara.

“Kami dalam pemeriksaan,  ada tiga  jenis  pemeriksaan  yaitu pemeriksaan keuangan, pemeriksaan kinerja dan pemeriksaan dengan  tujuan tertentu, dan pemeriksaan keuangan  participating  interest adalah tujuan tertentu,” kata Dadek Nandemar kepada awak media.

Untuk pemeriksaan   participating  interest ini, lanjut Dadek  tentu ada catatannya yaitu BPK Perwakilan Kaltim mendorong bahwa pengelolaan   participating  interest ini agar lebih akuntamble dan transfaran.

“ Kita mendorong pengeloaan participating  interest  ada SPOnya, harus ada standarnya,  sehingga  lebih akuntable dan transfaran, sehingga pemanfaatan keuanggnya bisa dirasakan masyarakat kaltim,” ujar Dadek Nandemar.

Penyerahan hasil pemeriksaan kapatuhan atas  pendapatan  participating  interest  10 persen  tahun  2018-2020, diawali  dengan penandatanganan  berita acara penyerahan oleh  Gubernur Kaltim H Isran Noor  dan Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit  Wibowo,  kemudian Wakil Bupati Kukar  Chairil Anwar dan Ketua DPRD Kukar  Abdul Rasyid,  yang disaksikan  langsung kepala BPK RI Kaltim,  kemudian dilanjutkan dengan penyerahan dokumen  laporan Penyerahan hasil pemeriksaan kapatuhan atas  pendapatan  participating  interest  10 persen  tahun  2018-2020  yang diserahkan langsung Kepala BPK RI perwakilan Kaltim Dadek Nandemar.(mar/poskotakaltimnews.com)