Pengurus Forum Jurnalis Bontang Periode 2020-2022 Dikukuhkan

img

(Pelantikan Forum Jurnalis Bontang ( FJB) di Hadiri Unsur Forkopimda)

BONTANG,Pengurus Forum Jurnalis Bontang (FJB) periode 2020-2022 resmi dilantik, Senin (18/1/2021) pagi.

Pelantikan digelar di ruang auditorium 3 dimensi, Jalan Awang Long, Api-Api, dan mengikuti standar protokol kesehatan.

Ketua periode 2020-2022, Edwin Agustyan mengatakan, Forum Jurnalis Bontang (FJB) yang didirikan medio 2016 silam. Dengan semangat persaudaraan untuk menyatukan seluruh jurnalis di Bontang. Terlepas jurnalis tersebut sudah tergabung dalam organisasi profesi jurnalis lain atau tidak.

Semisal Aliansi Jurnalis Independen (AJI) , Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI). Dalam kepengurusan FJB periode 2020-2022, anggota aktif berjumlah 59 oang berasal dari 32 media.

"Anggota FJB berasal dari berbagai media. Mulai televisi, media cetak, radio, dan media siber (Online)," ujar Edwin dalam sambutannya.

Lanjutnya, dalam masa kepengurusan FJB 2020-2022, pihaknya akan konsern dalam penguatan kapasitas jurnalis di Bontang. Terkhusus untuk anggota FJB. Agenda kerja kedepan, pihaknya berencana rutin menggelar kegiatan coaching clinic. Puncaknya, menyelenggarakan Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ).

Dia menyebut, selain untuk menilai sejauh mana kompetensi dan professionalisme jurnalis, UKJ juga berperan dalam meningkatkan kualitas jurnalis. Baik ketika bekerja di lapangan, hingga kemudian menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas.

"Kalau tidak ada halangan, tahun ini (2021) akan diadakan UKJ," beber pria yang juga pelanggan Kopi Balada ini.

Lebih jauh, Edwin menegaskan bila setiap anggota FJB wajib memegang prinsip anti kritik. Artinya, ketika jurnalis melakukan kritik dalam karya jurnalistiknya, maka si jurnalis harus siap pula ketika mendapat kritik balik."Jangan jadi jurnalis kalau anti kritik," tegasnya.

Asisten III Administrasi Bidang Pembangunan Daerah Pemerintahan, Syarifah Nurul Hidayanti mewakili Pemkot Bontang mengucapkan selamat atas kepengurusan FJB periode 2020-2022. Pemkot berharap selama pandemi ini jurnalis bisa tetap produktif dalam menyuguhkan berita terbaik kepada publik, tanpa melalaikan aspek keselamatan liputan di masa pandemi.

"Kami sadar akan peran besar jurnalis terhadap masyarakat," katanya.

Sebabnya, lanjut dia, jurnalis melalui media masing-masing adalah mitra pemerintah. Seperti saat ini, ketika Bontang resmi menerapkan PPKM, pemerintah berharap jurnalis ikut membantu mensosialisasikan kebijakan tersebut. Pun sebagai mitra, pemerintah siap bila ada kritik yang dilayangkan. Sebab itulah juga tugas media, menjaga pilar keempat demokrasi."Melalui berita yang dihasilkan, jurnalis ikut mengontrol kinerja pemerintah. Meski tentu, ada yang berupa kritik," ungkapnya.

 

Adapun pelantikan ini, ikut disaksikan, Ketua DPRD Bontang, Andi Faizal Sofyan Hasdam, Dandim 09/08 Bontang, Letkol Arh Choirul Huda, Kapolres Bontang melalui. Kasubag Humas AKP Suyono. Perwakilan perusahan di Bontang, serta perwakilan kepala OPD.

 

Berikut pengurus harian FJB periode 2020-2022:

Ketua Umum: Edwin Agustyan

Ketua Harian: Yulianti Basri

Sekretaris Umum: Andi Yudi Zakaria

Bendahara I: Fanny

Bendahara II: Aji Sapta Dian Abdi

Kabid Organisasi: Herdi Jaffar

Anggota: Arsyad Mustar

Kabid Advokasi: Ikwal Setiawan B

Anggota: Rudi Maskuni

Kabid Pendidikan dan Organisasi: Fitri Wahyuningsih

Anggota: Mira Hayati

Kabid Agama, Olahraga, dan Seni: Hermawan

Anggota: Bambang

Kepala Sekretariat: Rusdiana

(wan/poskotakaltimnews.com)