Curah Hujan Tinggi Akibatkan Longsor di RT 42 Klandasan Ilir

img

BALIKPAPAN, Curah hujan tinggi di Kota Balikpapan mengakibatkan tanah longsor disebagian wilayah. Terbukti longsor terjadi di wilayah RT 42 Klandasan Ilir tepatnya dilahan warga sekitar pukul 02.15 Wita, Senin (10/04) kemarin. Bersamaan dengan itu  pipa distribusi milik PDAM pecah. 

Tanah longsor itu mengakibatkan halaman warga setempat atas nama Normansyah  berikut Heru ambrol. Menurut saksi mata Suharji sebelum kejadian tebing yang belum diturap tersebut memang telah ditemukan ada beberapa keretakan. Ditambah lagi pipa air milik PDAM saat kejadian juga mengalami kerusakan atau pecah akibatnya air dari pipa menerjang turap milik warga dan terjadilah longsor yang cukup memprihatinkan. Warga yang ada di RT 42 langsung bergerak cepat membantu pemilik rumah yang langsung melakukan kegiatan antisipasi agar longsor tidak  bertambah. 

PDAM Tirta Manggar Balikpapan begitu mendapatkan informasi terkait longsor yang diakibatkan karena pecahnya pipa distribusi PDAM langsung menurunkan petugas lapangan untuk secepatnya melakukan antisipasi dan kini  longsoran itu tidak melebar sebaliknya sudah bisa diatasi.

Dirut PDAM Balikpapan, Gazali Rachman membenarkan terjadinya longsor akibat derasnya hujan malam itu disampiang adanya pipa milik PDAM pecah karena terseret longsor pertama. "Kami langsung mengerahkan petugas untuk menangani hal itu," jelas Gazali.

Ketua RT. 42 Normansyah mengatakan  saat ini lokasi longsor sudah mendapat penangan darurat seperti pemasangan terpal. 

"Tujuaannya untuk mengantisipasi jika hujan kembali mengguyur dan menggerus tanah. Bahkan pihak PDAM juga berupaya memperbaiki pipa distribusi yang pecah," jelas Normansyah. (max-poskotakaltimnews.com)