Aduh, Plafon SDN 035 Ambruk

img

TENGGARONG, Memprihatinkan kondisi bangunan  SDN 035 Tenggarong yang berada di Jalan Biawan Rapak Mahang, Kelurahan Timbau Tenggarong. Plafon sekolah ambruk dan sebagian nyaris ambruk, padahal proyek pengerjaan gedung di SDN 035 Tenggarong terbilang baru, yakni pada 2014 lalu. Tapi, kondisnya sudah rusak.

“Sebagian plafon digedung sekolah ini ada yang sudah ambruk, beruntung kejadian itu terjadi pada waktu subuh, sehingga tak mencelakai siswa dan guru,” kata Kepala SDN 035 Tenggarong Yusuf Hariyono, kemarin diruang kerjanya.

Proyek gedung SDN 035 Tenggarong dibangun pada 2013 lalu, dan digunakan pada 2014 tanpa melewati serah terima.

“Untuk sementara ini banguna tersebut dialih fungsikan oleh pihak sekolah sebagai Ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dan beberapa ruang yang lain di jadikan tempat yang besifat sementara untuk kegiatan tertentu, untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi kepada peserta didik yang sedang melakukan proses belajar mengajar,” katanya.

Tetapi masih ada tiga kelas yang terpaka untuk dijadikan kelas walaupun kondisi seperti itu, pihak sekolah sudah beberapa kali melaporkan hal ini kepada UPTD Pendidikan maupun Dinas pendidikan tetapi belum mandapatkan respon.

Besar harapan Yusuf Hariyono kepada pemerintah untuk memberikan perhatian lebih kepada SDN 035 Tenggarong agar segera di tidak lanjuti dan segera memperbaiki demi kemajuan pendidikan yang ada di Kukar dan lancarnya proses belajar mengajar demi peningkatan Sumber Daya Manusia (SMD) yang mampu bersaing dengan daerah lain.

Sementara itu secara terpisah Ketua LSM LI Tipikor Kukar Tusiman, meminta agar pemerintah Kukar melalui Dinas Pendidikan tak tutup mata menyikapi kondisi sarana prasana sekolah yang sudah banyak rusak tersebut.”Sekolah itu kan dipusat kota, tetapi kondisi seperti itu kok didiamkan saja tidak ada perhatian pemerintah. Gimana dengan sekolah sekolah yang berada dipelosok Kukar sana,” kata Tusiman.

Tusiman memberikan saran, agar pihak Dinas Pendidikan Kukar segera melakukan inventarisasi sekolah sekolah mana saja yang rusak dan perlu segera ditindaklanjuti untuk dilakukan rehab atau perbaikan.(*aji/poskotakaltimnews.com)