Jelang Berakhir Masa Jabatan, Walikota Rizal Effendi Lantik Tiga Kepala OPD

img

 (Walikota Balikpaan saat melakukan proses pelantikan)

BALIKPAPAN-Menjelang masa berakhir jabatan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi melantik tiga pejabat Kepala Organisasi Perangkat daerah (OPD), Selasa (23/2/2021).

Ketiga pejabat tersebut. Yakni Ani Mufidah sebagai Kepala Dinas Tenaga kerja yang sebelumnya menjabat Kabag Organisasi Tata Laksana. Lalu,  Haemusri Umar sebagai Kepala Badan Pengelola Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (BPPDRD) Kota Balikpapan yang sebelumnya menjabat sebagai Plt BPPDRD.

Kemudian Edward Kenda sebagai Kepala Dinas UMKM dan Koperasi yang sebelumnya Kabag Humas Sekretariat Daerah Kota Balikpapan.

Usai melantik, Rizal mengatakan, bahwa  pergantian tiga jabatan ini dilakukan berdasarkan pengajuan yang sudah dimasukan sejak Maret 2020 lalu.

Ia menjelaskan, kurang lebih setahun, kita memproses dari Maret Tahun 2020 lalu. Proses panjang. Kita baru membentuk tim seleksi setelah izin keluar.

Menurutnya, penentuan ketiga kepala OPD dilakukan melalui proses lelang yang dilaksanakan, setelah mendapatkan izin dari Kementerian Dalam Negeri, yang kemudian diteruskan kepada Gubernur.

Dia menambahkan, proses perizinan sempat tertunda karena Pilkada dan kondisi Covid-19 sehingga izin baru keluar dan dilakukan pelantikan hari ini.

"Secara keseluruhan ada 25 pejabat eselon II, III dan IV, yang pelantikan sebagian dilakukan secara online untuk memenuhi standar protokol kesehatan Covid-19," tuturnya.

"Saat ini, masih ada tiga jabatan kepala OPD yang masih kosong. Yakni Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Balikpapan (BKSDM) dan Sekretaris DPRD Kota Balikpapan," bebernya.(mid/poskotakaltimnews.com)