Jembatan Dondang Ditabrak Tongkang Batu Bara

img

Badan jalan jembatan dondang retak

TENGGARONG, Insiden penabrakan jembatan Dondang Kecamatan Muara Jawa kembali terjadi lagi. Selasa (2/3/2021) sekitar pukul 23.00 Wita,kapal Tongkang Batu Bara milik PT Prima Saktu 06 menabrak tiang Jembatan Dondang, akibat hal itu badan jalan jembatan tersebut retak.

Menurut keterangan warga bahwa kapal tongkang yang bermuatan batu bara  di perairan kelurahan teluk dalam, tiba tiba larut ke arah laut, sehingga menabrak tiang jembatan dondang. Kejadian tersebut sudah sering kali terjadi, bukan hanya saat ini saja.

Camat Muara Jawa Safruddin mengatakan, untuk bagian atas memang bisa di lihat ada keretakan di badan jalan, namun untuk sisi bawah yang tertabrak itu belum sempat di lihat.

"Saat ini baru mau mengecek bagian bawah, sambil menunggu dari dinas terkait dari provinsi Kaltim yaitu Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Perhubungan" Kata Safruddin, Rabu (3/3/2021).

Ia menambahkan, untuk keretakan badan jalan kurang lebih posisinya pada kejadian sebelumnya, mungkin keretakan saat ini lebih parah.

"Saya belum mengecek bagian bawah untuk membandingkan yang pernah saya lihat pada sebelumnya" katanya.

Untuk pengguna jalan masih boleh melintasi jembatan tersebut, namun yang di perbolehkan hanya bobot kecil seperti roda 2 dan roda 4 yang berbobot kecil.

Sementara itu Kapolsek Muara Jawa Iptu Nursan mengatakan, pihaknya belum bertemu dengan pihak yang bertanggungjawab atas kejadian tersebut.

Untuk diketahui bahwa adapun jarak tambat Tongkang batu bara Prima Sakti 06 tersebut dengan jembatan Dondang kurang lebih 1,5 KM, pada saat Posisi  Tongkang batu bara tambat dengan posisi Tag Boat / (penarik Tongkang)  tidak satu tempat, dengan jarak kurang lebih 500 Meter sehingga tidak di ketahui bahwa tongkang batu bara tersebut larut, dan menabrak tiang jembatan yang mengakibat kan tiang jembatan miring ke arah laut dan diatas jembatan mengalami retak.(*riz/poskotakaltimnews.com)