Wagub Ikuti Pembukaan KKI 2021, Sangat Strategis Memberdayakan UMKM

img

(Hadi Mulyadi saat mengikuti pembukaan Karya Krfeatif Indonesia (KKI) 2021)

SAMARINDA - Wakil Gubernur Kalimantan Timur H Hadi Mulyadi mengikuti pembukaan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 Seri 1 Eksotisme Lombok melalui virtual di Lobby (Podium BI) Kantor Bank Indonesia Perwakilan Kaltim Jalan Gajah Mada Samarinda, Rabu 3 Maret 2021.

Dalam acara garapan Bank Indonesia, Wagub Hadi Mulyadi didampingi Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Kaltim Tutuk SH Cahyono dan Sekretaris Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kaltim H Erwinsyah. Tampak pula Kepala Biro Perekonomian Setda Prov Kaltim Nazrin dan para deputi serta jajaran pimpinan BI Perwakilan Kaltim.

Wagub Hadi Mulyadi atas nama pemerintah dan masyarakat sangat mengapresiasi BI yang ikut berperan aktif dalam mendorong kegiatan pelaku UMKM dan kepariwisataan di Indonesia, tidak terkecuali Kalimantan Timur.

"Saat ini ada 10 UMKM. Kedepan ini bisa terus dikembangkan dan BI bisa terus berperan," kata Hadi Mulyadi.

Menurut mantan legislator Karang Paci dan Senayan ini, KKI oleh BI ini sangat strategis dalam memberdayakan masyarakat (UMKM), memperkuat perekonomian dan mengembangkan pariwisata Nusantara.

"Ini kolaborasi yang sangat luar biasa, terlebih di masa pandemi,"tandas Hadi Mulyadi.

Acara berdurasi 2 jam diawali atraksi budaya dan video wisata Eksotisme Lombok dan UMKM Lombok, dilanjutkan penyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) pengembangan Desa Wisata Bilebante Kabupaten Lombok Tengah.

Sebelumnya, acara dibuka Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan arahan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Dirangkai testimoni Menteri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr H Sandiaga Salahuddin Uno dan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate dan Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah.

Pembukaan KKI 2021 Seri 1 dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja ditandai pemukulan alat musik tradisional Lombok Gendang Beleq.

Setelah belanja (online dan offline) di showcase UMKM NTB, berlanjut showcase interaktif UMKM Nusantara diawali Kepala Perwakilan BI Jawa Barat, Kalimantan Timur, Maluku dan Kepulauan Riau.(mar/poskotakaltimnews.com)