DPRD Kaltim Gelar Bimtek Penginputan Pokir pada Aplikasi SIPD

img

(Muhammad Samsun)

POSKOTAKALTIMNEWS.COM, SAMARINDA – DPRD Kaltim menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penginputan pokok-pokok pikiran (Pokir) pada Aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI), di Gedung D DPRD Kaltim, belum lama ini.

"Materi Bimtek terkait dengan penginputan SIPD untuk menampung aspirasi dari masyarakat yang berhubungan dengan hasil reses DPRD," ungkap Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun.

Samsun mengatakan kalau selama ini ada beberapa mekanisme perencanaan pembangunan, yaitu mulai dari yang diinput dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

"Ataupun masyarakat sendiri juga diberi akses untuk menginput usulan kegiatan di dalam SIPD," terangnya.

Sebagai wakil rakyat pastinya memang diberi kesempatan untuk mengusulkan dari usulan-usulan masyarakat terkait dengan perencanaan pembangunan di Kaltim.

"Oleh karena itu, untuk mensinkronkan. Maka DPRD memandang perlu melakukan Bimtek kepada seluruh anggota DPRD dan operatornya. Siapa operatornya, yakni staff admin masing-masing anggota dewan," jelasnya.

dikatakan Samsun semua aspirasi pastinya diprioritaskan, rata-rata masalah infrastruktur."Tapi ada juga yang mengusulkan terkait pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Kita sampaikan penginputannya didalam perencanaan pembangunan itu bagaimana, ini yang tadi kita sampaikan kepada anggota DPRD," paparnya.(adv/dn)