Anggaran Covid-19 Kukar 2021 Rp40 Miliar, Sunggono: Nanti Ditambah

img

(H Sunggono Sekda Kukar)

POSKOTAKALTIMNEWS.COM, TENGGARONG- Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara mengalokasikan anggaran senilai Rp. 40 miliar untuk penanganan Covid-19 pada 2021.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar H Sunggono mengatakan, beberapa hari lalu pihaknya telah melaksanakan rapat bersama OPD dan pemangku kepentingan. Anggaran senilai Rp40 miliar untuk penanganan Covid-19 disiapkan sampai pertengahan tahun 2021.

 “Anggaran tersebut akan kita upayakan bisa ditambah, karena sudah menjadi komitmen Bupati Kukar, berapa pun akan kita siapkan” kata H Sunggono saat zoom meeting, Sabtu (3/4/2021).

Anggaran yang telah teralokasikan tersebut akan digunakan sesuai kebutuhan dimasing masing OPD, seperti kebutuhan rumah sakit darurat, missal penambahan tempat tidur, kemudian rehap, termasuk untuk kebutuhan tenaga kesehatan.

”Termasuk untuk relawan dan nakes sudah dialokasikan juga anggarannya dan kita juga secepatnya akan kita realisasikan, dalam hal ini memang kita masih ada kendala sedkit soal administrasi, Insya Allah secepatnya kita realisasikan” tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kukar Marina Yulianti mengatakan, untuk anggaran 2021 yang jelas kebutuhannya adalah untuk kebutuhan relawan, relawan dalam hal ini adalah relawan nakes yang jumlahnya cukup besar, jumlah relawan hampir 90 persen.

“Diketahui yang ada di rumah sakit darurat adalah relawan, di screening juga relawan dan lain sebagainya masih banyak lagi relawan” ujar Martina Yulianti.

Relawan adalah tenaga  yang vital yang dibutuhkan yang direkrut untuk penanganan Pandemi Covid-19, alokasi anggaran tersebut tetap tidak ada dikurangi sedikit pun, dan untuk insentif juga.(*riz)