Kemenag Kukar Tetapkan Besaran Zakat Fitrah dan Zakat Fidyah 2021

img

(Suasana pertemuan membahas penentuan besaran zakar fitrah dan fidyah)

POSKOTAKALTIMNEWS.COM, TENGGARONG- Kementerian Agama (Kemenag) Kukar melaksanakan rapat untuk menentukan Zakat Fitrah dan Fidyah pada 2021. Rapat tersebut dihadiri oleh MUI Kukar, LAZ, BAZ Kukar, Polres Kukar, Kodim 0906 Tenggarong, Muhammadiyah, Pondok Pesantren, dan Disperindag Kukar, di Kemenag Kukar, Selasa (13/4/2021)

Kepala Kemenag Kukar H Mukhtar mengatakan, hasil rapat penentuan untuk kadar Zakat Fitrah 2,5 kg beras, ada 3 tingkatan yaitu, tingkat pertama sebesar Rp. 40 ribu atau setara dengan harga beras Rp. 16 ribu per kilo.

"Untuk tingkat menengah sebesar Rp. 35 ribu, atau setara dengan harga beras Rp. 14 ribu per kilonya, dan terakhir tingkat rendah hanya Rp. 30 ribu, atau setara dengan harga beras Rp. 12 ribu per kilonya" kata H Mukhtar kepada Poskotakaltimnews, di Tenggarong, Selasa (13/4/2021)

Sementara penentuan Zakat Fidyah, ada 2 tingkatan yaitu, tingkat pertama Rp. 30 ribu atau setara dengan 7 ons beras per hari, dan tingkat menengah hanya Rp. 20 ribu.

Bagi yang berzakat dengan beras yang di beli dalam bentuk kemasan, jika isi kemasan tersebut meragukan berat timbangannya maka muzaki dapat menambahkan berasnya.

"Harapan saya kepada masyarakat Kukar, masyarakat dapat mengeluarkan Zakat Fitrah tepat pada waktunya, kalau Zakat Fitrah tidak boleh lewat bulan Ramadhan, jika melewati setelah sholat Id itu dianggap  sedekah bukan zakat." Ucapnya.(*riz)