Jelang Idul Fitri, Komoditi Asal Ternak di Kaltim Aman

img

(Ilustrasi daging ayam)

POSKOTAKALTIMNEWS.COM, SAMARINDA- Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kaltim Munawar   mengatakan, dalam pelaksanaan Bulan Suci Ramadan maupun   menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah tahun ini persediaan komoditi asal ternak baik daging ayam daging sapi dan telur  stok masih  aman atau persediaan mencukupi.

Munawar mengatakan     untuk komoditi daging ada daging putih dan daging merah, kalau untuk daging putih (ayam)   berdasarkan data dari usaha penggemukan sapi dan kambing, kelompok ternak, distributor daging beku, para peternak ayam ras pedaging.

“Untuk ketersediaan stok daging, baik daging sapi, kambing, maupun daging ayam sangat mencukupi,  stoknya mencukupi dari kebutuhan yang ada, termasuk untuk daging ayam, kalaupun ada kekurangan paling sekitar 5 sampai 6 persen saja,” kata Munawar

Sementara untuk persediaan daging merah (sapi, kerbau dan  kambing) memang dari tahun-ketahun kurang, tetapi untuk stok  dalam pelaksanaan bulan suci Ramadan tahun ini maupun menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun  masih mencukupi, karena sumber ketersediaan ternak tersebut beasal dari lokal, belum lagi dari Bulog  ada  sekitar 19 ton,  belum lagi  sapi potong yang berasal dari pemasok.

“Kalaupun ada lose kekurangannya  hanya sekitar 10 sampai 15 persen.  belum  lagi  ada sekitar 4 ton daging beku, artinya kekurangan tersebut dibantu dari pemasok daging beku,”tandasnya.

Munawar  mengatakan,  untuk Kaltim  kebutuhan daging sapi, daging kambing, daging ayam ras, maupun  kebutuhan telor,   ketersediaannya masih aman, baik dalam pelaksanaan bulan suci Ramadan ini maupun menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

“Kita sudah melakukan upaya  breeding, DOC terkait dengan bibit ayam,  begitu juga terhadap  para peternak-peternak  rakyat maupun usaha dari pihak swasta, jadi kita sudah lakukan koordinasi  terkait dengan pasokan ketersediaan kebutuhan daging, baik pada pelaksanaan bulan suci Ramadan maupun menjelang Hari Raya Idull Fitri mendatang,”kata Munawar.(mar)