400 Warga Binaan Lapas Tenggarong Ikuti Screening TB-HIV

img

(Warga binaan Lapas Tenggarong mengikuti Screening TB-HIV)

POSKOTAKALTIMNEWS.COM, TENGGARONG- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar melakukan screening TB-HIV terhadap 400 warga binaan Lapas Kelas II A Tenggarong, di Lapas Tenggarong, Kamis (10/6/2021).

Kegiatan tersebut pada tahun lalu juga pernah dilakukan terhadap 1300 warga binaan. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mencegah penyebaran penyakit menular di dalam Lapas khusus TB-HIV.

dr. Wildan yang bertugas sebagai dokter muda ahli di Poliklinik Lapas Tenggarong mengatakan, kegiatan ini sebagai langkah proteksi dan pemenuhan layanan kesehatan bagi warga binaan, mengingat resiko jika terdapat warga binaan yang terjangkit penyakit menular khususnya TB-HIV.

"Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kukar terhadap warga binaan kami, hal ini sebagai upaya proteksi dini sekaligus sebagai bentuk pemenuhan layanan kesehatan bagi warga binaan, mengingat resiko jika terdapat warga binaan yang terjangkit penyakit menular seperti TB-HIV" kata Wildan, Kamis (10/6/2021).

Ia menambahkan, bahwa kegiatan ini pada tahun 2021 direncanakan akan dilaksanakan sebanyak 2 (dua) kali dengan target seluruh warga binaan dan metode screening yang dilakukan menggunakan metode rapid atau tes cepat.

Dari hasil tes yang dilakukan jika nantinya terdapat warga binaan yang dinyatakan positif HIV, maka akan langsung dibawa ke klinik VCT yang berada di RSUD AM. Parikesit guna mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Sementara itu Kepala Lapas Kelas II A Tenggarong Agus Dwirijanto menuturkan terima kasih atas upaya yang dilakukan oleh jajaran Dinas Kesehatan Kukar, dengan kepeduliannya terhadap kesehatan warga binaan.

"Harapan kami kegiatan ini dapat berkelanjutan, serta seluruh warga binaan dapat difasilitasi dalam screening ini" ucap Agus Dwirijanto.(*riz)