Bupati Yusriansyah Syarkawi Latik 34 Anggota BPD

img

TANA PASER, Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi melantik 34 anggota Badan Permusyawaratan Desa, belum lama ini di Pendopo. Prosesi pelantikan ini juga dihadiri Wakil Bupati Paser HM Mardikasyah, Ketua DPRD Kabupaten Paser H Kharuddin, para Kepala Perangkat Daerah, Camat dan Kepala Desa.

Yusriansyah Syarkawi mengatakan Badan Permusyawaratan Desa sebagai bagian dari Pemerintahan Desa merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Untuk itu BPD bersama dengan Kepala Desa hendaknya bersama-sama menetapkan peraturan desa serta berupaya menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

”Pengurus BPD harus aktif menggali informasi dan menjalin komunikasi dengan warga masyarakat, sesama anggota BPD maupun Pemerintahan Desa, Aparat Kecamatan atau Kabupaten. Dengan begitu akan dapat menjalankan fungsi sebagai penyerap, penampung dan penyalur aspirasi yang baik,” katanya.

Yusriansyah juga memaparkan keberhasilan dari suatu pemerintahan desa terletak pada pemerintahan desa itu sendiri, dalam hal ini pemerintah telah membuat aturan mengenai pemerintahan desa, agar pemerintahan desa dapat berjalan dengan baik.

”Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 tentang Desa yang isinya menyebutkan bahwa Pemerintahan Desa adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat. Berdasarkan asal usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tuturnya.taf/nyom/poskotakaltimnews.com