Pemkab Kukar Gelar Rakor Pemutakhiran Data Sosial

img

(Rakor pemutakhiran data)

POSKOTAKALTIMNEWS.COM,TENGGARONG- Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara menggelar rapat koordinasi pemutakhiran data terpadu kesejahteraan sosial Kutai Kartanegara secara virtual, Senin (19/7/2021).

Dalam rapat koordinasi itu Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah meminta Dinas Sosial Kukar untuk fokus dalam perbaikan data. Menurut Dia, Dinas Sosial harus melakukan perubahan reformasi, dengan menyiapkan program tersendiri updata data, sehingga ketika diminta Kementerian Sosial data sudah siap.

“Harus ada langkah langkah program secara sistematis, sehingga kalau ada permintaan data Dinsos sudah siap dengan data tersebut,” kata Edi Damansyah yang dalam Rakor Virtual tersebut diikuti Sekda Sunggono, Kepala Dinas Sosial, Kepala BPBD dan instansi terkait.

Dikatakan Edi Damansyah,jika data kemiskinan ditangani dengan baik maka akan sangat berpengaruh kesektor lain, sehingga OPD lain berpegang data melalui Dinas Sosial, dan harus perlu dilakukan pendampingan ditingkat desa  dan RT dalam pengambilan data sehingga data yang masuk benar sesuai dengan data ke Dinsos.”Kalau perlu diadakan pelatihan bagi petugas lapangan dan buatkan SOP sehingga sistem kerjanya bisa terarah,” katanya.

Sementara Kepala Dinsos Kukar Didi Ramyadi menyatakan, kalau data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang lengkap dengan nama dan alamatnya yang tersedia di Dinsos adalah hasil penetapan Mensos periode Oktober 2020, lalu diverifikasi dan validasi oleh Puskesmas Desa atau kelurahan.

Hasil pemutakhiran tersebut semestinya ditetapkan hasilnya oleh Kemensospada Maret 2021, namun ditetapkan pada April 2021 dengan keputusan Mensos.

“Namun sampai saat ini data tersebut belum dibagikan ke daerah, informasinya masih proses pemadanan data dengan data Adminduk Kemendagri,” katanya.(hms/adv)