Bupati Kukar Resmikan Desa Tanjung Batu jadi Desa Mandiri

img

(Peresmian desa mandiri oleh Bupati Kukar)

POSKOTAKALTIMNEWS.COM, TENGGARONG- Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah meresmikan Desa Tanjung Batu Tenggarong Seberang sebagai Desa Mandiri, Rabu (4/8/2021).

Peresmian tersebut turut dihadiri Dandim 0906 Kukar Letkol Inf Charles Alling, Camat Tenggarong Seberang Sugiharto, Kades Tanjung Batu Husniansyah.

Sebelum melakukan peninjauan usai peresmian tersebut, Bupati Kukar mendengarkan penjelasan dari Kades Tanjung Batu, bahwa di Desa Tanjung Batu ada yang namanya Desa Mandiri, didalam Desa Mandiri ada beberapa pos yang dijadikan tempat edukasi maupun pengembangan UMKM

Pos tersebut yaitu, RT Sigap, UMKM, Rumah Baca, Anti Narkoba, Karang Taruna, Pos Isolasi, ada Pramuka dari Saka Wira Kartika, Sanggar Tari, Keterampilan PKK, Pusban.

Bupati Kukar Edi Damansyah, mengapresiasi atas dibentuknya Desa Mandiri, hal ini tidak terlepas dari saling kerjasama yang baik, baik dari warganya, pemerintah desa, maupun Kodim 0906 Kukar.

"Selain itu Desa Tanjung Batu menjadi lokus pengembangan kawasan cadangan pangan strategis nasional, yang pengelolaannya bersinergi dengan TNI, Pemkab Kukar, pemdes Tanjung Batu, serta dukungan dari dunia usaha yang ada di sekitar kecamatan Tenggarong Seberang" kata Edi Damansyah, Rabu (4/8/2021).

Menurutnya, dengan lahan 460 Haktare dan yang sudah digarap sekitar 60 Haktare bisa memenuhi kebutuhan pokok pangan di desa tersebut, dan harapannya kedepan bisa memberikan kontribusi terhadap Kaltim, karena Kaltim telah ditetapkan sebagai lokus Ibu Kota Negara (IKN).

"Dan kedepan bukan hanya desa Tanjung Batu saja yang menjadi ketahanan pangan nasional, namun diikuti dengan desa desa lainnya juga" ucapnya

Sementara itu Dandim 0906 Kukar Letol Inf Charles Alling menuturkan, saat ini telah diresmikan Bupati Kukar dalam hal mencanangkan desa Tanjung Batu sebagai Desa Mandiri, terima kasih Bupati Kukar yang telah meresmikan Desa Tanjung Batu sebagai Desa Mandiri.

"Ada beberapa wilayah atau desa di Kukar, memiliki typologi karakteristik masing masing, sehingga kita mengangkat di desa Tanjung Batu ini dengan tujuan bisa dikenal banyak orang" ujar Charles Alling

Lanjut dia, karena di Desa Tanjung Batu memiliki banyak potensi yang bisa di explore, untuk mewujudkan bahwa desa Tanjung Batu bisa sebagai Desa Mandiri.

"Hal yang paling mendasar disini adalah program ketahanan pangan, yang sudah ditetapkan Bupati Kukar, hal itupun sudah terlaksana yaitu Desa Sinergi Hijau dengan luas 460 Haktare" tutupnya.(*riz/adv)