DPRD Kukar Setujui Raperda RPJMD 2021-2026

img

(Penandatangan persetujuan Raperda RPJMD Kukar 2021-2026)

POSKOTAKALTIMNEWS.COM,TENGGARONG- Laporan akhir dan persetujuan DPRD Kukar terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar 2021-2026, dilakukan melalui Rapat Paripurna ke- 15, pada masa sidang III DPRD Kukar. Senin (26/8/2021).

Rapat tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Kukar Abdul Rasyid, didampingi Wakil Ketua DPRD Kukar, Siswo Cahyono, Alif Turiadi, Didi Agung, serta dihadiri Wakil Bupati Kukar H Rendi Solihin, dan anggota DPRD lainnya.

Ketua DPRD Kukar Abdul Rasyid mengatakan, ada beberapa yang disampaikan oleh masing masing komisi yang ada di DPRD Kukar yang berkaitan dengan target RPJMD tersebut.

"Kemarin sudah dilakukan konsinyering, saat itu setiap Komisi memberikan masukan terkait RPJMD itu, seperti Komisi II" Kata Abdul Rasyid, Senin (16/8/2021).

Lanjut dia, Komisi II memberikan masukan bagaimana dalam kondisi pandemi Covid-19 dari sektor Pariwisata bisa dikembangkan, sehingga daerah mendapatkan income dari sektor tersebut.

"Begitu juga dengan kegiatan lainnya, seperti kegiatan pembangunan, kan infrastruktur kita masih ada yang belum terselesaikan dengan baik, diharapkan kedepan RPJMD ini bisa mengatur proses pembangunan" sebutnya.

Kemudian masukan masukan lainnya juga diberikan oleh Komisi Komisi lainnya, baik itu Komisi I, II, III, IV.

Sementara itu Wakil Bupati Kukar H Rendi Solihin menuturkan, penetapan RPJMD saat ini berdasarkan tahapan tahapan yang telah dilalui. Sebelumnya juga telah dilakukan konsinyering bersama OPD terkait dan dibahas bersama setiap Komisi yang ada di DPRD Kukar.

"Banyak masukan masukan dari setiap Komisi terkait RPJMD yang sudah disusun, seperti peningkatan PAD, pemanfaatan anggaran daerah agar lebih dioptimalkan untuk penanganan covid juga, dan beberapa hal lainnya terkait pertanian" ucap Rendi Solihin

Ia menyebutkan, tahapan selanjutnya berkas akan diserahkan ke Pemerintah Provinsi Kaltim, kemudian pada 26 Agustus sudah ditetapkan RPJMD tersebut.(*riz/adv)