Puslatda PON Lancar, Isran Didaulat Ketua Kontingen Kaltim

img

Ketua KONI Kaltim Dr H Zuhdi Yahya kepada Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor, saat bersilaturahmi ke Kantor Gubernur Kaltim

POSKOTAKALTIMNEWS.COM.SAMARINDA–Persiapan Kontingen Provinsi Kaltim menuju PON XX Papua 2020 terus dilakukan. pusat pelatihan daerah (Puslatda) atau training centre (TC) terus berjalan. Hal tersebut dilaporkan Ketua KONI Kaltim Dr H Zuhdi Yahya kepada Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor, saat bersilaturahmi ke Kantor Gubernur Kaltim, Senin (30/08).

“TC lancar aja. Tinggal sebulan, atau September berakhir. Namun memang TC tidak bisa maksimal karena try out tidak bisa dilakukan. Sebagai contoh cabang olahraga (cabor) gulat yang seharusnya melakukan try out ke Serbia tapi di tolak. Jadi semua yang ke luar negeri tidak bisa dilakukan karena masih pandemi Covid-19. Meskipun program tatap muka kurang, tidak bisa maksimal, tetapi tetap berjalan,” jelas Zuhdi Yahya.

Dilaporkan, pelaksanaan PON XX Papua 2020 pada 2-15 Oktober 2021. Dimana pembukaan akan dilaksanakan pada 2 Oktober di Stadion Papua Bangkit. Untuk kontingen Kaltim akan diberangkatkan sejak September sesuai dengan jadwal pertandingan dari Panitia Besar (PB) PON, yang dimulai sejak 23 September 2021.

“Jadi tanggal 20 September sudah ada atlit yang berangkat. Bahkan untuk cabor layar berangkat pada 7 September. Mengingat mereka memerlukan adaptasi dengan venue yang ditetapkan panitia,” urainya.

Zuhdi meminta secara khusus kepada Gubernur Isran Noor untuk menjadi Ketua Kontingen Kaltim sekaligus melakukan upacara pelepasan kontingen di akhir September. Kontingen terdiri 370 atlit dan 90 pelatih, serta ditambah official, manager dan Pembina atau total menjadi 700 orang yang akan diberangkatkan ke Papua.

“Jumlah atlit kita urutan keempat nasional. Kita sudah siapkan semua mulai dari transportasi dan akomodasi,” tambah Zuhdi, sekaligus juga melaporkan tentang bapak angkat cabor dan pengamanan kontingen, serta adanya tambahanya cabor yang berpotensi medali untuk bisa didaftarkan ke PB PON.

Gubernur Isran Noor menyambut baik dan mengapresiasi langkah yang dilakukan KONI Kaltim dalam mempersiapkan kontingen Kaltim menuju raihan prestasi maksimal pada PON XX Papua 2020. “Siap. Lanjutkan,” tegas Isran Noor sembari menerima tawaran ketika di minta untuk menjadi Ketua Kontingen Kaltim. (mar)